EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTS MAFTAHUL HUDA KERTONEGORO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hikmawati, Nurul Khusna (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTS MAFTAHUL HUDA KERTONEGORO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL KHUSNA HIKMAWATI_T20187100.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Maftahul Huda yang masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah pemberian model pembelajaran yang masih monoton dengan pembelajaran konvensional yaitu masih menggunakan model pembelajaran direct intruction. Untuk itu kemampuan guru dalam merancang model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam belajar mengajar. Salah satunya dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa untuk proaktif dan saling membantu menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil yang maksimal.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini : 1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Maftahul Huda yang menggunakan model pembelajaran direct Intruction? 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Maftahul Huda yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw? 3) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Maftahul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022?
Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa materi statistika kelas VIII MTs Maftahul Huda yang menggunakan model pembelajaran direct intruction, 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Maftahul Huda yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 3) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Maftahul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022.
Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk Quasi Eksperimental Design dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Maftahul Huda tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskripstif dan stitistik inferensial.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran direct intruction berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 60,00. 2) Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 76,18. 3) Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh Sig.2(tailed)=0,000<0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi pembelajaran. Berdasarkan uji independent sample t-test pada posttest kedua kelas diperoleh Sig.2(tailed) =0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran kooperatif itpe jigsaw dan model pembelajaran direct intruction. Berdasarkan uji N-Gain Score diperoleh nilai 58,9446% yang artinya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw cukup efektif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Maftahul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010499 Statistics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Nurul Khusna Hikmawati
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:05
Last Modified: 28 Dec 2022 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16174

Actions (login required)

View Item View Item