Diagnosis Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Bustanul Ulum Krai Lumajang

Sholichah, Fazha (2022) Diagnosis Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Bustanul Ulum Krai Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fazha Mardhatillatus Sholichah_T20177015.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Fazha Mardhatillatus Sholichah, 2022: Diagnosis Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTs Bustanul Ulum Krai Lumajang.

Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Pembelajaran Matematika

Matematika adalah salah satu pelajaran wajib bagi peserta didik yang ada pada semua jenjang sekolah. Karakterikstik yang identik dengan matematika yaitu bersifat abstrak, logis, sistematis dan ditandai dengan lambang serta rumus yang sulit dimengerti. Matematika juga menjadi salah satu nilai utama dalam suatu pendidikan namun masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami pelajaran matematika. Hal itu membuat siswa memiliki kecemasan dalam pembelajaran Matematika. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa kecemasan yang dialami siswa kelas VIII dalam pembelajaran Matematika di MTs Bustanul Ulum Krai? 2) Apa penyebab terjadinya kecemasan siswa kelas VIII dalam pembelajaran Matematika di MTs Bustanul Ulum Krai?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kecemasan yang dialami siswa kelas VIII dalam pembelajaran Matematika di MTs Bustanul Ulum Krai. 2) Untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya kecemasan siswa kelas VIII dalam pembelajaran Matematika di MTs Bustanul Ulum Krai. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, angket, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data menurut Miles, Huberman dan Saldana dengan beberapa tahapan diantaranya pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan terkait kecemasan yang dialami oleh siswa dan penyebab terjadinya kecemasan tersebut. Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Kecemasan yang dialami oleh siswi MTs Bustanul Ulum Krai terlihat berdasarkan gejala kecemasan menurut teori Struart, diantaranya gejala kecemasan fisiologis, gejala kecemasan kognitif dan gejala kecemasan afektif. 2) Penyebab terjadinya kecemasan siswa di MTs Bustanul Ulum Krai adalah faktor lingkungan kelas atau berdasarkan teori menurut Struart tentang gejala kecemasan yang kurang mendukung saat pembelajaran baik dari guru atau para siswinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fazha Sholichah
Date Deposited: 28 Dec 2022 08:36
Last Modified: 28 Dec 2022 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16183

Actions (login required)

View Item View Item