Pengembangan media pembelajaran berbasis story board (materi konflik sosial dan integrasi dalam kehidupan sosial) untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran IPS di MTs Al-Hidayah Jember tahun pembelajaran 2021/2022

Mu'anam, Saiful (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis story board (materi konflik sosial dan integrasi dalam kehidupan sosial) untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran IPS di MTs Al-Hidayah Jember tahun pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam negeri Kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SAIFUL MU'ANAM_T20189073-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Saiful Mu’anam, 2022: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Story board Di Mts Al-Hidayah Jember Pada Materi Konflik Dan Integrasi Dalam Kehidupan Sosial Tahun Ajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Media pembelajaran,story board, Konflik Sosial Dan Integrasi Dalam Kehidupan Sosial.

Media pembelajaran berbasis story board suatu konsep atau ide kreatif yang biasa digunakan untuk media pembelajaran. Story board sendiri berkonsep seperti sebuah papan cerita yang terdapat gambaran beserta alur cerita yang hampir menyerupai komik untuk di rangkai menjadi sebuah naskah cerita dan di gunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan :1) Untuk mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis story board untuk mecapai dalam pembelajaran IPS di MTs Al-Hidayah untuk kelas VIII dalam konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial 2) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran berbasis srory board dalam pembelajaran IPS di MTs Al-Hidayah untuk kelas VIII dalam materi konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial 3) Untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran berbasis srory board dalam pembelajaran IPS di MTs Al-Hidayah untuk kelas VIII dalam materi konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial
Penelitian ini merupakan penelitian Research And Devolepment (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan soal latihan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII MTs Al-Hidayah Jember. Instrument penelitian berupa angket validasi untuk mendapatkan kevalidan dan validator ahli Desain, ahli materi dan ahli bahasa. Angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui data kepraktisan. Untuk mengetahui data keefektifan melalui hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini sampai simpulan bahwa 1) pada tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis story board oleh semua para validator ahli, yaitu ahli desain,ahli materi dan ahli bahasa. Adapun rincian masing-masing skor yang diperoleh dari para ahli adalah validator ahli desain diperoleh skor 72,00 %, validator ahli materi diperoleh skor 78,00%, validator ahli bahasa diperoleh skor sebesar 95,00%. Maka rata-rata presentase dari ketiga validator sebesar 81,00% dengan kriteria “sangat valid”. 2) tingkat kepraktisan pada penelitian ini terpenuhi karena media pembelajaran berbasis story board pada materi Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial kelas VIII yang dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata 88,1% sehingga dapat disimpulkan sangat praktis. 3) untuk kefektifan dilihat dari hasil belajar peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 80,00% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis story board pada materi Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial kelas VIII dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Saiful Mu'anam
Date Deposited: 28 Dec 2022 09:00
Last Modified: 28 Dec 2022 09:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16185

Actions (login required)

View Item View Item