Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Klasifikasi Kingdom Animalia Untuk Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan

Zativa, Oriza (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Klasifikasi Kingdom Animalia Untuk Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ORIZA ZATIVA_T20178023.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran yang monoton dapat menyebabkan proses kegiatan pembelajaran didalam kelas menjadi membosankan. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu dalam mengatasi hambatan-hambatan saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskiripsikan kevalidan media scrapbook, mengetahui respon peserta didik terhadap media scrapbook, serta keefektifan media pembelajaran scrapbook untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Developmen (R&D) dengan model ADDIE Pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara, dokumentasi, lembar angket validasi, lembar angeket kebutuhan peserta didik, lembar angket respon peserta didik, dan lembar soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai oleh ahli media materi 95,5%(sangat valid), 93% (sangat valid) oleh ahli media, 89,7% (sangat menarik) dari uji respon peserta didik, serta diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 (efektif). Dari perolehan nilai di atas maka media scrapbook dapat digunakan dalam pembelajran didalam kelas.

Kata Kunci : Pembelajaran, Media, Scrapbook.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Oriza Zati Oriza Zativa
Date Deposited: 28 Dec 2022 09:07
Last Modified: 28 Dec 2022 09:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16187

Actions (login required)

View Item View Item