PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI KELAS VIII MTS WAHID HASYIM BALUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

nisful laily, nabella (2022) PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI KELAS VIII MTS WAHID HASYIM BALUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nabella Nisful Laily_T201881171.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 March 2023.

Download (4MB)

Abstract

Nabella Nisful Laily, 2022: “Penerapan Strategi Critical Incident Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadit Di Kelas VIII Mts Wahid Hasyim Balung Tahun Pelajaran 2021/2022”

Kata Kunci: Critical incident, Hasil Belajar, Al-Quran Haditst

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, terdapat beberapa pendidik yang menggunakan sistem belajar yang tidak inovatif seperti halnya menggunakan metode yang tidak bervariasi. Hal ini membuat peserta didik kurang aktif dan kurang terlibat dalam pembelajaran, padahal di zaman yang semakin berkembang ini banyak strategi, media, metode, dan pendekatan yang mampu mengaktifkan peserta didik. Sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru tidak berpusat pada siswa (student center) salah satunya yaitu mata pelajaran al-quran hadis. Dalam proses pembelajaran adanya strategi pembelajaran aktif yang diharapkan mampu menggugah minat dan motivasi peserta didik terkait materi yang disampaikan sehingga peserta didik mampu meningkatkan pemahamannya dan juga mampu meningkatkan hasil belajarnya dalam mata pelajaran yang ada di sekolah, salah satunya yaitu strategi pembelajaran aktif critical incident.
Critical incident adalah salah satu model pembelajaran aktif yang berpusat pada peserta didik (student center). Strategi ini dapat mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, baik itu mengenai konsep-konsep maupun prinsip-prinsip serta dapat mendorong peserta didik agar terlibat secara langsung dalam pembelajaran yang memberikan pengalaman sehingga dapat mencapai tujuan yang di harapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Quran Hadits dengan menggunakan strategi pembelajaran critical incident. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus. Prosedur pelaksanaanya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin di mana pada setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Wahid Hasyim Balung Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 peserta didik.
Berdasarkan hasil penerapan strategi critical incident melalui tiga siklus yang terlihat antusias dan lebih berminat dengan pengguanaan metode baru. Sehingga diperoleh banyaknya peserta didik yang mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Pada rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 67,2 siklus II terjadi peningkatan lebih baik mencapai 77,6 dan pada siklus III mengalami peningkatan yang cukup signifikan mencapai 87,6. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Wahid Hasyim Balung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: miss Nabella Nisful Laily
Date Deposited: 29 Dec 2022 09:22
Last Modified: 29 Dec 2022 09:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16198

Actions (login required)

View Item View Item