Internalisasi nilai-nilai tasawuf pada majelis shalawat nariyah masjid al-mabrur Tanggul Jember

Anwar, Ahmad Fuad (2022) Internalisasi nilai-nilai tasawuf pada majelis shalawat nariyah masjid al-mabrur Tanggul Jember. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AHMAD FUAD ANWAR_204206080001.pdf

Download (7MB)

Abstract

Anwar, Ahmad Fuad. 2022. Internalisasi Nilai-Nilai Tasawuf Pada Majelis Shalawat Nariyah Masjid Al-Mabrur Tanggul Jember. Program Studi Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. H. Aminullah, M.Ag. Pembimbing II : Dr. Khoirul Faizin, M. Ag.

Kata Kunci :internalisasi, nilai-nilai tasawuf, shalawat nariyah

Pada abad ini banyak dari kalangan muslim yang lebih mengedepankan kehidupan materi. Selain itu banyak yang lebih mengedepankan kehidupan bebas tanpa arah sehingga terjadi kekosongan jiwa. Kekosongan jiwa inilah yang jarang menjadi perhatian kita terhadap kehidupan. Padahal ketenangan jiwa inilah yang menjadi faktor penyelemat kehidupan. Pentingnya ketenangan jiwa inilah yang menjadi faktor peneliti untuk menjangkau seberapa pentingkah nilai-nilai tasawuf pada diri manusia, dan apa fungsi dari nilai-nilai tasawuf tersebut terhadap kehidupan manusia.
Kehidupan masyarakat modern yang berkecukupan dalam bidang materi, tetapi tidak berkecukupan dalam bidang rohani seperti manusia yang kehilangan arah dan tujuan. Karena seakan akan hidup hanya dipenuhi kepentingan materil.
Dari tesis ini fokus pada dua aspek, (1) Bagaimana nilai-nilai tasawuf pada Majelis Shalawat Nariyah Masjid Al-Mabrur Tanggul Jember (2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai tasawuf pada Majelis Shalawat Nariyah Masjid Al-Mabrur Tanggul Jember.
Dalam Shalawat Nariyah terdapat nilai-nilai tasawuf yang dapat digali untuk memenuhi kebutuhan ronahi. Nilai-nilai tasawuf tersebut perlu untuk mewarnai kehidupan jama’ah shalawat nariyah. Dan peneilitain ini hendak mengkaji tentang internalisasi nilai-nilai tasawuf pada Majelis Shalawat Nariyah Tanggul Jember. 1 Bagaimana nilai-nilai tasawuf pada Majelis Shalawat Nariyah Masjid Al-Mabrur Tanggul Jember? 2 Bagaimana internalisasi nilai-nilai tasawuf pada Majelis Shalawat Nariyah Masjid Al-Mabrur Tanggul Jember? Peneliti ini menggunakan metode kualitatif (field research), jenis fenemologis dengan subjek penelitian purposive sampling.
Temuan penelitian ini adalah :1.Nilai-nilai tasawuf yaitu taubat ikhlas sabar dan tawakal 2.Internalisasi nilai-nilai tasawuf adalah yaitu Receiving, Responding, Valuing, Organisation,Penyaturagaan niliai-nilai yang terdapat pada Majelis Shalawat Nariyah Masjid Al-Mabrur Tanggul Jember.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Fuad Anwar
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:36
Last Modified: 30 Dec 2022 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16211

Actions (login required)

View Item View Item