PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KESADARAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Pawicara, Ruci (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KESADARAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ruci Pawicara_T20168034.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ruci Pawicara, 2022: Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kesadaran Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Kata kunci: hasil belajar biologi, kepercayaan diri, kesadaran diri

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Selain faktor eksternal yang tidak kalah penting adalah faktor internal siswa, diantaranya kepercayaan diri dan kesadaran diri siswa. Berdasarkan hasil observasi, tingkat kepercayaan diri dan kesadaran diri siswa kelas XI di SMAN Rambipuji Jember tahun pelajaran 2021/2022 tergolong rendah, sehingga kedua faktor ini perlu dikaji lebih dalam mengenai seberapa besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan kepercayaan diri siswa kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember tahun pelajaran 2021/2022, 2) Mendeskripsikan kesadaran diri siswa kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember tahun pelajaran 2021/2022, 3) Mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2021/2022, 4) Mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kesadaran diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember tahun pelajaran 2021/2022, dan 5) Mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kesadaran diri secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal yang dilakukan di SMAN Rambipuji Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 143 siswa. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin diperoleh 105 siswa, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diambil sebanyak tiga kelas dengan jumlah 107 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kepercayaan diri siswa kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 14%, kategori tinggi sebesar 60%, dan kategori sedang sebesar 26%, 2) Kesadaran diri siswa kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 26 %, kategori tinggi sebesar 58%, dan kategori sedang sebesar 16%, 3) Hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 85% dan kategori tinggi sebesar 15%, 4) Terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan diri dan kesadaran diri secara simultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan diri dan kesadaran diri secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN Rambipuji Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Ruci Pawicara
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:04
Last Modified: 29 Dec 2022 01:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16215

Actions (login required)

View Item View Item