Internalisasi nilai satlogi santri di SMAS Zainul Hasan 01 Genggong

Prayogi, Muhammad Haris (2022) Internalisasi nilai satlogi santri di SMAS Zainul Hasan 01 Genggong. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS).

[img] Text
Muhammad Haris Prayogi _T20161232.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Haris Prayogi,: Internalisasi Nilai-nilai Satlogi Santri di SMAS Zainul Hasan 01 Genggong

Untuk menguatkan dasar-dasar filosofis, mengantisipasi perubahan zaman dan menguatkan jati diri Pesantren Zainul Hasan Genggong, maka KH. Moh. Hasan Saifourridzal merumuskan Satlogi Santri yang merupakan rumusan 6 akronim dari S (Sopan santun) A (Ajeg/istiqomah) N (Nasehat) T (Taqwallah) R (Ridhallah) dan I (Ikhlas Lillahi Ta’ala). Nilai-nilai Satlogi Santri yang sampai saat ini menjadi nilai-nilai utama yang melandasi semua kebijakan dan kegiatan di Lembaga-lembaga Pendidikan yang ada di bawah naungan di Pesantren Zainul Hasan Genggong yang membedakan dengan pesantren lainnya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana strategi internalisasi nilai satlogi santri oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak di SMAS Zainul Hasan 01 Genggong? (2) Apa motif guru mata pelajaran Akidah Akhlak menanamkan satlogi santri di SMAS Zainul Hasan 01 Genggong?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana strategi internalisasi nilai satlogi santri oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak di SMA Zainul Hasan 01 Genggong. (2) Untuk mengetahui Apa motif guru mata pelajaran Akidah Akhlak menanamkan satlogi santri di SMA Zainul Hasan 01 Genggong, Pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Pada konteks pembahasan peneladanan, pembiasaan dan pemotivasian satlogi santri yang dilakukan guru di SMA Zainul Hasan 01 Genggong ada dua poin penting, yang pertama guru menceritakan secara utuh sejarah perumusan satlogi santri beserta tokoh yang menggagas, yang kedua guru memberikan penanaman percaya diri adanya satlogi santri sebagai bekal kelak setelah selesai menempuh pendidikan di SMA Zainul Hasan 01 Genggong.
Dari empat tipe tindakan sosial weber, diketahui yang mendorong guru melakukan internalisasi nilai satlogi santri, mempercayai adanya barokah dari kyai yang merumuskan, dari hasil data analisis yang diperoleh penulis motif tindakan sosial yang tepat adalah, tindakan Rasional Nilai (Werk Rational), Dalam tindakan jenis ini, memiliki sifat bahwa alat-alat yang ada hanya merupakan pertimbangan dan perhitungan yang sadar, sementara tujuan-tujuannya sudah ada di dalam hubungannya dengan nilai-nilai individu yang bersifat absolut.

Kata Kunci: Satlogi Santri, Internalisasi, Motif Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200204 Cultural Theory
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200210 Pacific Cultural Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Me Muhammad Haris Prayogi
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:22
Last Modified: 29 Dec 2022 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16217

Actions (login required)

View Item View Item