IMPLEMENTASI METODE SOROGAN PADA PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUN NAJAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BIDAYAH TEGAL BESAR JEMBER

Solihin, Muhammad (2022) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN PADA PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUN NAJAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BIDAYAH TEGAL BESAR JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
TESIS MUHAMMAD SOLIHIN - Watermark.pdf

Download (12MB)

Abstract

Di berbagai pondok pesantren, kebanyakan para santri malas ketika kegiatan sorogan, padahal kegiatan metode sorogan ini merupakan sebuah metode andalan yang bisa mengantarkan santrinya untuk menjadi seorang ilmuan dan dapat mempercepat dalam meningkatkan kualitasnya, baik dari segi intelektualitas maupun moralitas. Metode sorogan di PP. Al-Bidayah sangat unik dan cocok untuk diteliti karena para santri disana secara tidak langsung dituntut untuk sorogan tanpa adanya paksaan dari para pengurus.
Fokus penelitiannya (1) Bagaimanakah implementasi metode sorogan pada pembelajaran Kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan pemahaman Fiqih bagi Santri di PP Al-Bidayah Jember (2) Apa faktor pendukung implementasi metode sorogan pada pembelajaran Kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan pemahaman Fiqih bagi Santri di PP Al-Bidayah Jember (3) Apa faktor penghambat implementasi metode sorogan pada pembelajaran Kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan pemahaman Fiqih bagi Santri di PP Al-Bidayah Jember. Tujuan penelitiannya adalah (1) Mendeskripsikan implementasi metode sorogan pada pembelajaran Kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan pemahaman Fiqih bagi Santri di PP Al-Bidayah Jember (2) Mendeskripsikan faktor pendukung implementasi metode sorogan pada pembelajaran Kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan pemahaman Fiqih bagi Santri di PP Al-Bidayah Jember (3) Mendeskripsikan faktor penghambat implementasi metode sorogan pada pembelajaran Kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan pemahaman Fiqih bagi Santri di PP Al-Bidayah Jember.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Tektik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya mengunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive yaitu memilih informan yang membidangi dan berkaitan dengan penelitian, diantaranya: pengasuh, ketua pondok, pj sorogan, pengurus, dan santri.
Hasil dari penelitian ini (1) Implementasi sorogan kitab Safinatun Najah di Al-Bidayah berbeda dengan pondok-pondok yang lain. Di Al-Bidayah para santrinya antusias untuk melakukan sorogan tersebut karena adanya motivasi yaitu berupa tanda tangan di kartu sorogan (2) Faktor pendukungnya yaitu ketersedian ustadz sorogan, adanya motivasi berupa kartu sorogan, dan adanya semangat santri untuk memahami kitab Safinatun Najah (3) Faktor penghambatnya adalah tidak adanya evaluasi bagi setiap santri, kurangnya waktu istirahat disebabkan pulangnya sekolah formal sampai sore hari, dan pelaksanaan kegiatan sorogan terlarut malam yaitu jam 21.30 baru dimulai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Solihin
Date Deposited: 29 Dec 2022 00:58
Last Modified: 29 Dec 2022 00:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16220

Actions (login required)

View Item View Item