PENERAPAN MENGHAFAL AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE KHALILIYAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ULUM CINDOGO TAPEN BONDOWOSO TAHUN 2022

Aisiyah, Siti (2022) PENERAPAN MENGHAFAL AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE KHALILIYAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ULUM CINDOGO TAPEN BONDOWOSO TAHUN 2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SITI AISIYAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Meski demikian, sebagian penduduknya masih belum lancar
membaca Al-quran. Karena hal itulah muncul sebuah metode Ummi yang memudahkan masyarakat untuk membaca Al-quran dan biasa digunakan sebelum
menghafalkan Al-quran. Karena pada saat menghafalkan Al-quran seseorang dituntut untuk melancarkan bacaannya terlebih dahulu sebelum menghafalkannya.
Fokus penelitian meliputi : 1) Bagaimana penerapan menghafal Al-quran Menggunakan metode khaliliyah di Pondok Pesantren Nurul Ulum Cindogo Tapen Bondowoso Tahun 2022? 2) Apa saja faktor pendorong dan penghambat beserta solusinya dari penerapan menghafal Al-quran menggunakan metode
khaliliyah di Pondok Pesantren Nurul Ulum Cindogo Tapen Bondowoso Tahun 2022?. Tujuan penelitian meliputi : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan
menghafal Al-quran menggunakan metode khaliliyah di pondok Pesantren Nurul Ulum Cindogo Tapen Bondowoso Tahun 2022. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat beserta solusinya dalam penerapan menghafal Al-quran menggunakan metode khaliliyah di pondok Pesantren Nurul Ulum
Cindogo Tapen Bondowoso Tahun 2022.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, yaitu dengan kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah : 1) penerapan metode khaliliyah dilaksanakan dengan 3 tahap, yakni tahap persiapan, tahap penerapan dan tahap evaluasi. 2) Diantara beberapa faktor pendukung yakni menggunakan satu mushaf saat menghafalkan Al-quran. Sedangkan pada faktor penghambat yakni terletak pada kemiripan yang sering dialami oleh para santri saat menghafalkan Al-qur‟an.
Solusi yang dapat dilakukan ketika ada kemiripan ayat yakni dengan mengulang-ulang kembali ayat yang dihafalnya agar tidak terbawa pada ayat sebelumnya yang sudah dihafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-qur’an, metode khaliliyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Siti Aisiyah
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:01
Last Modified: 29 Dec 2022 01:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16221

Actions (login required)

View Item View Item