INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Hude, Komarul (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KOMARUL HUDE_T20181404.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius
Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui budaya religius merupakan suatu proses memasukkan nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan keagamaan ke dalam jiwa peserta didik sehingga ruh dan jiwa bergerak berdasarkan ajaran agama Islam. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan perwujudan dalam nilai-nilai ajaran agama Islam yang menjadi tradisi dalam sekolah dengan secara sadar maupun tidak ketika warga sekolah mengikuti ajaran agama yang telah tertanam maka warga sekolah akan melaksanakan ajaran agama yang berupa nilai akhlak, nilai akidah dan nilai Syariah.
Fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagaimana tahap transformasi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui budaya religius di SMPN 2 Tanggul? 2) Bagaimana tahap transaksi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui budaya religius di SMPN 2 Tanggul? 3) Bagaimana tahap transinternalisai nilai-nilai pendidikan agama islam melalui budaya religius di SMPN 2 Tanggul?
Tujuan Penelitian, 1) Untuk mendeskripsikan tahap transformasi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui budaya religius di SMPN 2 Tanggul. 2) Untuk mendeskripsikan tahap transaksi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui budaya religius di SMPN 2 Tanggul. 3) Untuk mendeskripsikan tahap transinternalisai nilai-nilai pendidikan agama islam melalui budaya religius Di SMPN 2 Tanggul.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (Field Research). Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penetian ini yaitu 1) Tahap transformasi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui budaya religius di SMPN 2 Tanggul melaui kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit), Ceramah Guru baik dalam pembelajaran atau diluar jam pembelajaran serta mendatangkan narasumber atau muballigh. 2) Tahap transaksi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui budaya religius di SMPN 2 Tanggul melalui bentuk kegiatan pemberian contoh yang baik oleh guru kepada siswa yang mencerminkan nilai-nilai keislaman serta memberikan peringatan atau hukuman kepada siswa yang tidak taat aturan dengan sanksi-sanksi hukuman melalui pendekatan nilai keislaman. 3) Tahap transinternalisai nilai-nilai pendidikan agama islam melalui budaya religius di SMPN 2 Tanggul yaitu melalui pembiasaan kegiatan 5S (salam, senyum, sapa, sopan, santun), shalat dhuha dan dzuhur berjamaah, pembacaan yasin setiap pagi, kegiatan wajib infaq atau bersedekah, membaca Al-Qur`an dan ber Do`a setiap ingin memulai dan mengahiri jam pelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Komarul Hude
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:55
Last Modified: 30 Dec 2022 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16223

Actions (login required)

View Item View Item