PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LITERASI MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SMPN 4 TANGGUL

Soleha, Siti Ifatus (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LITERASI MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SMPN 4 TANGGUL. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI IFATUS SOLEHA_T20189071.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Discovery Learning, Literasi Membaca, dan Hasil Belajar
Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat kepada
siswa. Dengan penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis literasi
membaca diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat. Dalam meningkatkan
hasil belajar siswa di SMPN 4 Tanggul yaitu guru memberikan penerapan model
pembelajaran discovery learning berbasis literasi membaca kepada siswa agar
mereka lebih mudah memahami materi yang akan disampaikan guru, karena
membaca dapat menambah pengetahuan dan akan mengantarkan manusia menjadi
semakin cerdas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ”apakah terdapat pengaruh
penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis literasi membaca
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di
SMPN 4 Tanggul?”.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan
model pembelajaran discovery learning berbasis literasi membaca terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMPN 4
Tanggul.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental Design atau eksperimen
semu yang menggunakan desain quasi eksperimen nonequivalent control group
design yaitu desain penelitian dengan pretest-posttest group design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII 4 Tanggul Jember. Sampel penelitian
berjumalah 62 siswa terdiri dari kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas
VII D sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel ini menggunakan teknik Purposive
Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisis dan uji
hipotesis dengan Independent Sample T-Test dilakukan dengan bantuan software
SPSS 24 For Windows.
Hasil penelitian ini adalah hasil yang diproleh dari uji Independent Sample
T-Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,045, hal ini menunjukkan bahwa
nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis
alternative (Ha) diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara
pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis literasi
membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS) di SMPN 4 Tanggul. Dengan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha maka
penelitian ini dapat membuktikan kebenaran hipotesis yaitu terdapat pengaruh
penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis literasi membaca
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di
SMPN 4 Tanggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Siti Ifatus Soleha
Date Deposited: 29 Dec 2022 09:03
Last Modified: 29 Dec 2022 09:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16224

Actions (login required)

View Item View Item