Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Atas Plus Darul Hikmah Kranjingan Sumbersari Jember

Himmah, Faiqotul (2022) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Atas Plus Darul Hikmah Kranjingan Sumbersari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faiqotul Himmah_T20183090.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Faiqotul Himmah, 2022: Peran Kepala Sekolah Dalam Meninngkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kegiatan Keagamaan Di SMA Plus Darul Hikmah Kranjingan Sumbersari Jember.
Kata Kunci: peran kepala sekolah, meningkatkan mutu pendidikan, kegiatan keagamaan.
Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dapat di lihat dari meningkatnya mutu pendidikan. sehingga dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu adanya seorang pemimpin yang tidak lepas dari fungsinya yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam proses pendidikan. sehingga dengan berbagai cara dan ciri khas sekolah yaitu kegiatan keagamaan serta biaya pendidikan yang gratis dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Fokus penelitian yaitu 1) bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan keagamaan? 2) apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan keagamaan? 3) Apa saja kegiatan keagamaan yang dilaksanakan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan keagamaan?. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah, faktor penghambat dan pendukung, kegiatan keagamaan yang dilaksanakan, dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan keagamaan di SMA Plus Darul Hikmah Kranjingan Sumbersari Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data. Kondensasi data, penarikan data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu diantaranya: 1) peran kepala sekolah sebagai manajer, dimana kepala sekolah dapat mengelolah, membuat rencana, mengarahkan dan membimbing pendidik dan tenaga kependidikan serta pengawasan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan keagamaan. 2) dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan keagamaan terdapat faktor penghambat yaitu kurangnya kedisiplinan siswa, partisipasi masyarakat kurang mendukung, dan faktor pendukung yaitu guru yang professional, sarana dan prasarana yang memadai. 3) kegiatan keagamaan yang dilaksanakan yaitu sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, sholawat qubro, membaca doa sebelum dan sesudah belajar, dan diniyah pagi yang dilaksanakan setiap hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Faiqotul Himmah
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:50
Last Modified: 30 Dec 2022 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16229

Actions (login required)

View Item View Item