ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGULING PASURUAN

Fitriana, Erika (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGULING PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ERIKA FITRIANA_T20187002.pdf

Download (29MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari matematika. Ada
banyak materi yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang
kita ketahui matematika merupakan mata pelajaran yang kerap kali dianggap sulit
karena berhubungan dengan angka dan bentuk yang sulit dipecahkan, terlebih
lagi pada proses pemecahan masalah soal cerita yang terintegrasi kontekstual pada
materi bangun datar. Kesulitan belajar matematika pada siswa berhubungan
dengan kemampuan belajar yang kurang sempurna. Selain peran guru dalam
proses pendidikan terdapat salah satu aspek penting lainnya dalam suatu proses
pembelajaran yaitu kemandirian belajar siswa.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana
kesulitan belajar siswa pada materi bangun datar ditinjau dari kemandirian belajar
tinggi? 2)Bagaimana kesulitan belajar siswa pada materi bangun datar ditinjau
dari kemandirian belajar sedang? 3) Bagaimana kesulitan belajar siswa pada
materi bangun datar ditinjau dari kemandirian belajar rendah? Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada materi bangun datar
ditinjau dari kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Nguling Pasuruan. Subjek
dari penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VII.G dengan kategori
pengelompokan kesulitan belajar yang berbeda-beda, 1 siswa dengan kesulitan
belajar tinggi, 1 siswa dengan kesulitan belajar sedang, dan 1 siswa dengan
kesulitan belajar rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes
tulis, observasi, wawancara untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan
dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model Miles dan
Huberman serta menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Siswa dengan
kemandirian tinggi tidak mengalami kesulitan belajar matematika. 2) Siswa
dengan kemandirian sedang mengalami kesulitan belajar dalam mempelajari
konsep matematika. 3) Siswa dengan kemandirian rendah mengalami kesulitan
belajar dalam mempelajari konsep matematika dan kesulitan dalam menerapkan
prinsip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Erika Fitriana
Date Deposited: 29 Dec 2022 09:25
Last Modified: 29 Dec 2022 09:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16230

Actions (login required)

View Item View Item