Pengembangan Kurikulum Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022

Ernalia, Nala Sabila (2022) Pengembangan Kurikulum Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ERNALIA NALA SABILA watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember adalah pondok mahasiswa yang berprogram unggulan tahfidz Al-Qur’an dan sudah melakukan pengembangan dalam kurikulumnya guna menjawab permasalahan yang ada dan meningkatkan mutu santrinya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan tujuan tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022? 2) Bagaimana pengembangan materi tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022? 3) Bagaimana pengembangan metode tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022? 4) Bagaimana pengembangan evaluasi tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana pengembangan tujuan tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022. 2) Mendeskripsikan bagaimana pengembangan materi tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022. 3) Mendeskripsikan bagaimana pengembangan metode tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022. 4) Bagaimana pengembangan evaluasi tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nurul Islam 2 Mangli Jember Tahun Ajaran 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Tujuan program tahfidz Al-Qur’an mulanya hanya sebagai wadah santri penghafal Al-Qur’an, saat ini tujuan tersebut berkembang menjadi khidmah lil ummat. 2) Materi yang diberikan awalnya hanya Al-Qur’an 30 juz saja, kemudian dikembangkan sehingga terdapat materi penunjang yaitu tajwid dan tafsir Al-Qur’an. 3) Metode yang digunakan awalnya hanya Murojaah dan Ziyadah, kemudian dikembangkan menjadi 3 metode, yaitu Murojaah, Ziyadah, dan Tasmi’. 4) Evaluasi awalnya hanya dilakukan satu kali tiap semester yang mereka sebut dengan Munaqosah, saat ini dikembangkan, sehingga terdapat evaluasi harian serta mingguan yang dilakukan dengan metode tasmi’ dan kemudian dicatat dalam buku Mutaba’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ernalia Nala Sabila
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:03
Last Modified: 30 Dec 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16233

Actions (login required)

View Item View Item