Penerapan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Liveworksheet Di Smpn 01 Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2021/2022

Dimniatun, Nabilah Riska (2022) Penerapan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Liveworksheet Di Smpn 01 Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam negeri Kiai haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dimniatun revisi skripsi fik1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada proses pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari tahap evaluasi. Jadi, seorang guru bukan hanya sekedar mengajar dan mendidik saja, akan tetapi perlu melakukan evaluasi karena evaluasi merupakan kegiatan identifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakan telah tercapai atau belum. Serta evaluasi pembelajaran dapat digunakan untuk mengetahui seberapa jauh penguasaan, pemahaman, keterampilan, dan kemajuan peserta didik terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan tujuan yang diharapkan.
Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana langkah-langkah evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Liveworksheet di SMPN 01 Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2021/2022 ? (2) Bagaimana proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Liveworksheetdi SMPN 01 Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2021/2022? (3) Bagaimana hasil evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Liveworksheet di SMPN 01 Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2021/2022.
Adapun tujuan penelitiannya adalah (1) mendeskripsikan langkah - langkah evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Liveworksheet di SMPN 01 Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2021/2022.(2) mendeskripsikan proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Liveworksheet di SMPN 01 Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2021/2022. (3) mendeskripsikan hasil evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Liveworksheet di SMPN 01 Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode yang dipakai adalah penelitian kualitatif, jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles Huberman. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknis, dan trianggulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) langkah-langkah evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Liveworksheet di SMPN 01 Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2021/2022 mulai dari perencanaan evaluasi yaitu dengan membuat RPP, serta menentukan tujuan agar tahu pencapaian pembelajaran pendidikan agama Islam, apakah sudah sesuai dengan perencanaan RPP, selanjutnya membuat Kisi- kisi soal beserta jawabannya. (2) Proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Liveworksheet di SMPN 01 Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2021/2022 dilakukan guru menyiapkan soal-soal yang akan diupload di aplikasi Liveworksheet sebelum pembelajaran dilaksanakan, login di aplikasi Liveworksheet, guru mengupload soal-soal sekaligus kunci jawaban, serta mensetting waktu penugasannya,guru menyalin link lalu mengirim digrup whatsap,siswa mengklik link dan otomatis masuk ke halaman penugasannya siswa diberi waktu maksimal 45 menit dalam mengerjakan tugas, setelah pengerjaan selesai lalu kllik finish. Aspek yang dinilai melalui Liveworksheet yaitu aspek kognitif. (3) Hasil dari evaluasi pembelajaran yaitu adanya peningkatan pada saat pembelajaran daring peserta didik lebih aktif dan disiplin. Hasil nilai yang diperoleh seluruh siswa mendapat nilai total rata-rata di atas standar penilaian atau kreteria yang ditentukan jadi pembelajaran pendidikan agama Islam berjalan sesuai yang diharapkan, selanjutnya nilai yang diperoleh dijadikan raport yang disetor kepada kepala sekolah, wali murid agar mereka tahu bagaimana hasil pembelajaran selama satu semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dimniatun Nabilah Riska
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:57
Last Modified: 29 Dec 2022 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16235

Actions (login required)

View Item View Item