Pengaruh Pendekatan pembelajaran Saintifik TPACK Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Reproduksi Kelas XI IPA di MAN 3 Jember.

Aprelia, Yeni (2022) Pengaruh Pendekatan pembelajaran Saintifik TPACK Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Reproduksi Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YENI APRELIA_T20188106-3.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Yeni Aprelia, 2022: Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik TPACK Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Reproduksi Kelas XII IPA di MAN 3 Jember.

Kata kunci: Saintifik TPACK, Hasil Belajar

Manusia saat ini hidup pada era revolusi 4.0 pada era ini perkembangan teknologi semakin pesat, maka tidak menuntut kemungkinan dalam proses pembelajaran lebih efektif jika memanfaatkan teknologi untuk media pembelajaran. Pembelajaran saintifik TPACK mengintregasikan antara tiga aspek yaitu teknologi, pedagogi dan content.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan pendekatan pembelajaran Saintifik TPACK materi Sistem Reproduksi kelas XI IPA di MAN 3 Jember. 2) Adakah pengaruh pendekatan pembelajaran Saintifk TPACK terhadap hasil belajar siswa materi Sisten Reproduksi kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan pendekatan pembelajaran Saintifik TPACK materi Sistem Reproduksi kelas XI IPA di MAN 3 Jember. 2) Mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Saintifik TPACK terhadap hasil belajar siswa materi Sistem Reproduksi kelas XI IPA di MAN 3 Jember.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Group Posttest Only Design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Derajat valid dan reliabel dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan: 1) uji deskriptif, 2) uji normalitas 3) uji homogenitas. Uji hipotesis dengan uji Independent Sample T Test.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh dari Posttest di kelas eksperimen menunjukkan nilai 72.35 sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai 59.41, sehingga terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan pendekatan pembelajaran Saintifik TPACK. 2) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran Saintifik TPACK terhadap hasil belajar siswa materi Sistem Reproduksi dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha ditrima yang artinya pendekatan pembelajaran Saintifik TPACK berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060403 Developmental Genetics (incl. Sex Determination)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Yeni Aprelia Yeni Aprelia
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:50
Last Modified: 29 Dec 2022 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16238

Actions (login required)

View Item View Item