Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Fikih Kelas 2 Di Madrasah Diniyah Nurul Fu'adi Balung Jember

QONITA, ENI MIRA (2022) Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Fikih Kelas 2 Di Madrasah Diniyah Nurul Fu'adi Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
Eni Mira Qonita_T20181187.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran fikih, Snowball Throwing.

Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan salah satu pembelajaran modern yang dinilai aktif dan kreatif, sehingga diterapkan di Madrasah Diniyah Nurul Fu’adi Balung Jember yang bertujuan untuk mengembangkan pemikiran dari peserta didiknya dalam pembelajaran fikih. Salah satu alasan terpilihnya model pembelajaran ini adalah karena begitu rendahnya kreatifitas berpikir santri dalam materi fikih, sehingga santri hanya mampu menghafal teori yang ada pada materi fikih tanpa memahami apa yang maksud dari teori tersebut, dan pada akhirnya santri tidak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu pendidik berinisiatif menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Tahapan Model Snowball Throwing dalam Pembelajaran Fikih kelas 2 di Madrasah Diniyah Nurul Fu’adi Balung Jember? 2) Materi Apa saja yang digunakan dalam melakukan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Pembelajaran Fikih? 3) Apa saja hambatan dalam Penggunaan Model Snowball Throwing dalam Pembelajaran Fikih kelas 2 di Madrasah Diniyah Nurul Fu’adi Balung Jember?
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan : 1) Tahapan Model Pembelajaran Snowball Throwing. 2) Materi yang digunakan dalam Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Pembelajaran Fikih. 3) Hambatan dalam Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Reseach). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Pembelajaran yang dinilai sangat aktif kreatif dengan tahapan-tahapan tertentu dan peran pendidik hanya sebagai fasilitator saja yang menghubungkan peserta didiknya dengan pemahaman yang lebih luas mengenai materi fikih hal-hal yang membatalkan sholat. 2) Materi yang disampaikan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing adalah hal-hal yang membatalkan sholat dan rukun-rukunnya sholat. Karena model snowball throwing dianggap sangat cocok dengan materi tersebut, sehingga dapat mengembangkan kreatifitas berpikir santri yang menjawab soal dengan cara mempraktekkanya langsung sesuai dengan apa yang dipahami oleh peserta didik. 3) Hambatan dari peserta didik sebagian besar adalah kurangnya kerja sama antar tim. Sehingga membuat waktu yang digunakan kurang efektif. Sedangkan dari pendidik adalah kurangnya pendidik dalam memahami beberapa materi yang ada, sehingga pendidik masih belum bisa dikatakan memiliki kompetensi profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ENI MIRA QONITA
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:41
Last Modified: 29 Dec 2022 08:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16241

Actions (login required)

View Item View Item