Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo

Savinatul, Hasanah (2022) Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAVINATUL HASANAH_20183061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Savinatul Hasanah, 2022: Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo

Kata Kunci: Pengelolaan, Media Sosial, Promosi
Suatu lembaga pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berfokus pada pengembangan karakter bangsa. Perlu adanya media sosial yang mampu menyebarkan informasi agar masyarakat mampu memahami kegiatan-kegiatan pesantrenserta mampu mendakwahkan agama islam pada kalangan masyarakat. Agar pengelolaan media sosial dapat berjalan dengan baik, pengurus pesantren harus mampu memiliki kemampuan yang baik dalam pengelolaan media sosial sebagai sarana kehumasan kepada publik.
Fokus penelitian yang di teliti adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo? 3) Bagaimana Evaluasi Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Perencanaan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo.2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo.
Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif dengan pendekatan narrative research Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini : 1) Perencanaan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi yaitu langkah awal menganalisis kebutuhan dengan diadakannya rapat musyawarah yang menghasilkan 4 program yaitu, perencanaan konten harian, mingguan, bulanan dan tahunan. 2) Pelaksanaan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dilakukan 4 langkah yaitu Pelaksanaan konten harian terhadap kegiatan pengajian umum dan menshare prestasi santri di medsos pondok, Pelaksanaan konten mingguan melakukan live streaming (kegiatan pencak silat) dan membuat video ceramah yang bernilai keagamaan. Pelaksanaan konten bulanan membuat pamflet agenda bulanan. Pelaksanaan konten tahunan pada agenda tahunan dan kegiatan orsaba. 3) Evaluasi Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi terdiri 5 langkah evaluasi yaitu: evaluasi program harian menilai hasil konten unggahan yang banyak menglike dan kometar yang positif. Evaluasi program mingguan mengevaluasi program harian yaitu tidak memunculkan konten yang tidak banyak disukai dari program harian untuk mingguan selanjutnya. Evaluasi bulanan merangkum program harian dan mingguan untuk menjadikan bahan evaluasi bulanan. Evaluasi tahunan mengevaluasi semua program harian, mingguan, bulanan. Evaluasi pengeditan dan pengunggahan konten yaitu mengukur dan menilai hasil konten dengan mengalisis konten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Savinatul Hasanah Vina
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:31
Last Modified: 29 Dec 2022 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item