NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 LUMAJANG

Ziyana, Amsa (2022) NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 LUMAJANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ziyana Amsa Lailida_T20181001 (6)-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ziyana Amsa Lailida, 2022: Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang.

Kata Kunci: Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Data dan fakta menunjukkan banyaknya kasus intoleransi yang terjadi di lembaga pendidikan, khusunya pada Sekolah Menengah di Indonesia,membuat sebuah lembaga pendidikan harus bergerak cepat mengatasinya, sehingga di butuhkan solusi atas keberagaman yang menciptakan suasana keharmonisan dalam menjalankan kehidupan bernegara dan beragama sesuai dengan nilai-nilai Moderasi Beragama. Sekolah menjadi medan arena utama dalam meneguhkan nilai-nilai pancasila dan moderasi beragama, apalagi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang dimana siswa ataupun pendidiknya ada sebagian yang memeluk agama selain Islam. Sehingga sangat di butuhkan sekali satu langkah tepat untuk menegakkan nilai-nilai tersebut melalui pembelajaran pendidikan Agama Islam.
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) Bagaimana Penanaman Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang? (2) Bagaimana Penerapan Penanaman Nilai Moderasi Beragam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan Jenis penelitian field research, sedangkan pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi, adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang di lakukan dengan dua bentuk yaitu melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas dengan cara guru menyampaikan materi kepada siswa dan di luar kelas melalui kegiatan keagamaan serta pembiasaan, (2) Penerapan Penanaman Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang sudah menerapkan nilai moderasi diantaranya keadilan (A’dalah) keseimbangan (Tawazun) dan toleransi (Tasamuh) yang diterapkan dalam pembelajaran di dalam kelas melalui metode diskusi dan tanya jawab, study kasus serta tayangan video. Adapun penerapan di luar kelas di lakukan kegiatan istighosah, pembiasaan membaca tartil, peringatan hari besar islam serta sholat berjama’ah dengan melalui strategi pengenalan, pembiasaan, keteladanan dan pengamatan dengan strategi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ziyana Amsa Lailida
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:00
Last Modified: 30 Dec 2022 03:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16280

Actions (login required)

View Item View Item