Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X IPA di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Putri, Riza Aulia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X IPA di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riza Aulia Putri_T20188084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Riza Aulia Putri, 2022 : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X IPA di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Times Games Tournament, Motivasi belajar, Hasil belajar.
Guru sebagai pengajar, hendaknya mampu menghidupkan proses pembelajaran, dalam hal ini guru dituntut untuk mampu menghidupakan suasana yang nyaman dan menyenangkan serta mampu mengupayakan terbentuknya motivasi siswa dalam proses pembelajaran, Semua itu dapat didukung dengan rancangan model pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui perbedaan Motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS). 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka-Teki Silang (TTS). 3) Mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan kelas X IPA di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2021/2022”. 4) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media TTS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan kelas X IPA di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Metode peneltian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi Eksperimental design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 66 siswa. Pengambilan sampel dalam peneitian ini mengguunakan teknik sampling purposive. Sampel yang terpilih terdapat dua kelas yakni kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunkan Uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata 85,24 dengan standar devisiasi 6,998 dan kelas Kontrol diperoleh rata-rata 81,13 dengan standar devisiasi 4,640. 2) hasil belajar kelas kelas eksperimen diperoleh rata-rata 88,65 dengan standar devisiasi 9,642 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 81,47 dengan standar devisiasi 9,422. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Teka-teki Silang (TTS) terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikan 0,028. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Teka-Teki silang (TTS) terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan 0,008.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060203 Ecological Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060299 Ecology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Riza Aulia Putri
Date Deposited: 02 Jan 2023 08:46
Last Modified: 02 Jan 2023 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16284

Actions (login required)

View Item View Item