Pengembangan media booklet digital pada materi Bryophyta untuk siswa kelas X di MA Manbaul Ulum Tangsil Wetan Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021

Islamiyah, Suhaibatul (2022) Pengembangan media booklet digital pada materi Bryophyta untuk siswa kelas X di MA Manbaul Ulum Tangsil Wetan Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Suhaibatul islamiyah_T20178053.pdf

Download (9MB)

Abstract

Suhaibatul Islamiyah, 2022: Pengembangan Media Booklet Digital Pada Materi
Bryophyta Untuk Siswa Kelas X Di MA Manbaul Ulum Tangsil Wetan
Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran
2020/2021.
Kata Kunci :Booklet Digital, Materi Bryophyta.
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam proses
pembelajaran untuk menyampaikan pesan kepada pembaca. Media yang dipilih
hendaknya yang benar-benar efektif dan efisien. Perlu pemilihan media
pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan yang diharapkan. Dan salah satu
upaya yang dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam
kegiatan belajar mengajar dikelas ialah penggunaan media pembelajaran Booklet
Digital.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana
Kevalidan Media Booklet Digital Pada Materi Bryophyta Untuk Siswa Kelas X
Di MA Manbaul Ulum? Dan 2). Bagaimana respon siswa terhadap Media Booklet
Digital Pada Materi Bryophyta Untuk Siswa Kelas X Di MA Manbaul Ulum?
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1). Mendeskripsikan
Kevalidan Media Booklet Digital Pada Materi Bryophyta Untuk Siswa Kelas X
Di MA Manbaul Ulum, 2). Mendeskripsikan respon siswa terhadap Media
Booklet Digital Pada Materi Bryophyta Untuk Siswa Kelas X Di MA Manbaul
Ulum.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan
(Research and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini
berpedoman pada model 4D yang telah dimodifikasi (Define, Design,
Development). Pada tahap define terdiri dari analisis awal-akhir, analisis siswa,
analisis konsep dan perumusan/spesifikasi tujuan. Tahap design terdiri dari 3
langkah yaitu menyusun materi pembelajaran, pemilihan media dan perancangan
awal. Tahap development terdiri dari pembuatan kisi-kisi, penggunaan angket,
validasi, revisi dari ahli, uji coba terbatas dan uji coba skala besar. Jenis data yang
digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif deskriptif.
Berdasarkan analisis data hasil validasi, menunjukkan persentase penilaian
validator yang dilakukan oleh ahli media diperoleh nilai secara keseluruhan
95,5%, dengan kriteria menarik dan layak digunakan dengan revisi. Penilaian
validator yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh nilai keseluruhan 79% dengan
kriteria menarik dan layak digunakan dengan revisi. Penilaian validator yang
dilakukan oleh ahli bahasa diperoleh nilai keseluruhan 91% dengan kriteria
menarik dan layak digunakan dengan revisi. Penilaian validator yang dilakukan
oleh Guru Biologi diperoleh nilai keseluruhan 83,5% dengan kriteria menarik dan
layak digunakan dengan revisi. Uji coba skala terbatas diperoleh nilai sebesar
89,86% dan uji coba skala besar diperoleh nilai sebesar 92,70%. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa booklet digital masuk kedalam kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Depositing User: PENGEMBANG Suhaibatul islamiyah Unasus sholihin
Date Deposited: 02 Jan 2023 09:19
Last Modified: 02 Jan 2023 09:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16291

Actions (login required)

View Item View Item