ANALISIS AKAD WAKALAH BIL UJRAH PADA E-COMMERCE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Ana Mustika, Dewi (2022) ANALISIS AKAD WAKALAH BIL UJRAH PADA E-COMMERCE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ANA watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hadirnya smartphone di dunia saat ini memberikan solusi yang cermat kepada para intelektual untuk menstabilkan perekonomian secara digital, yaitu memasarkan produk jualan melalui marketplace. Praktik perdagangan saat ini, mampu menjual produk barang atau jasa melalui media sosial. Tujuannya adalah untuk memperluas jaringan, membantu UMKM yang jauh dari perkotaan yang tidak memiliki lapak jualan, memberi kesan belanja dengan nuansa baru kepada pembeli. Peneliti menganalisis model perdagangan ini telah sesuai dengan hukum ekonomi syariat atau tidak.
Fokus penelitian dalam penelitian ini ada 2 yaitu; 1) Bagaimana penerapan akad wakalah bil Ujrah pada e-commerce Shopee? 2) Bagaimana hukum akad wakalah bil Ujrah pada e-commerce Shopee dalam perspektif hukum ekonomi Syariah?
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan akad wakalah pada e-commerce Shopee. 2) Untuk mendeskripsikan hukum akad wakalah bil Ujrah pada e-commerce Shopee.
Penelitian kualitatif ini menekankan pada norma hukum berupa dalil tentang akad wakalah pada e-commerce Shopee yang dilakukan secara library research yuridis, yakni mengukur dari perundang-undangan. Pada teknik pengumpulan data, peneliti mengumpulkan data melalui studi dokumen yang terdapat pada website Majelis Ulama Indonesia dan artikel edukasi dari website Shopee. Dan melakukan analisis data melalui content analysisysis dengan cara memahami teks secara objektif.
Hasil penelitian akad wakalah pada e-commerce Shopee menunjukkan bahwa, 1) Penerapan akad wakalah bil Ujrah mencakup muwakkil (penjual), wakil (Shopee), muwakkil fiih (produk/jasa), sighat ijab qabul (verifikasi akun). Sedangkan ujrah dibayarkan sesuai banyaknya produk yang terjual oleh muwakkil telah sampai ke tangan pembeli. 2) Meninjau dari fatwa DSN MUI No. 52/DSN-MUI/III/2006 pedoman tentang Wakalah bil Ujrah pada Asuransi Syariah bahwa, kegiatan akad wakalah bil Ujrah pada Shopee ini boleh (mubah) dan sah, diperbolehkan secara hukum taklifi dan sah karena telah terpenuhinya rukun dan syarat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012709 al-Wakalah (Penyerahan Mandat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ana Mustika Dewi
Date Deposited: 02 Jan 2023 09:21
Last Modified: 02 Jan 2023 09:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16294

Actions (login required)

View Item View Item