Strategi bisnis dengan pendekatan blue ocean strategy dalam menghadapi persaingan pada Kafe Kolong Jember

Savira, Dinda (2023) Strategi bisnis dengan pendekatan blue ocean strategy dalam menghadapi persaingan pada Kafe Kolong Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dinda Savira Amalia Dewi_E20172106.pdf

Download (14MB)

Abstract

Dinda Savira Amalia Dewi, Dr. Ahmadiono, M.E.I, 2022:

Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Dalam Menghadapi Persaingan Pada Kafe Kolong Jember. Blue Ocean Strategy adalah suatu strategi bersaing dalam bisnis dengan menciptakan ruang pasar baru tanpa adanya pesaing, dengan menekankan pada inovasi dalam produk. Artinya strategi ini menekankan perusahaan untuk tidak berada dalam persaingan pasar yang ketat dimana ruang pasar yang sesak membuat persaingan tidak sehat sehingga laba dan pertumbuhan akan berkurang. Blue Ocean Strategy ditandai oleh menemukannya ruang pasar yang belum terjangkau, menciptakan permintaan dan pertumbuhan dengan peluang yang menguntungkan.

Berdasarkan pemaparan latar belakang diatas, penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis dengan menggunakan metode blue ocean strategy, diantaranya: 1) bagaimana formulasi strategi bisnis yang digunakan Kafe Kolong Jember dalam menghadapi persaingan? 2) Bagaimana implementasi kerangka kerja blue ocean strategy pada Kafe Kolong Jember?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan mecari data informasi mengenai analisis blue ocean strategy pada Kafe Kolong, sesuai dengan permasalahan yang dikemukakan diatas yaitu: 1) Mendeskripsikan formulasi startegi bisnis yang digunakan oleh Kafe Kolong Jember, 2) Mendeskripsikan implementasi kerangka kerja blue ocean strategy pada Kafe Kolong Jember.

Dalam penelitian ini peneliti ini menggunakan metode kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif, menganalisis Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Dalam Menghadapi Persaingan Pada Kafe Kolong Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, kuesioner, dan dokumentasi.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Formulasi strategi bisnis yang digunakan oleh Kafe Kolong Jember dengan memperhatikan bauran pemasaran pada faktor-faktor produk & pelayanan, promosi, harga, dan tempat. 2) Implementasi kerangka kerja empat langkah, dihapuskan beberapa menu yang kurang diminati oleh pembeli, Kurangi mobil dan motor yang berlalu lalang dijalanan kafe, Tingkatkan pencahayaan pada kamar mandi,Ciptakan menu-menu pedas kesukaan anak jaman
sekarang.

Kata Kunci: Strategi Bisnis; Pendekatan Blue Ocean Strategy;

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dinda dinda Savira
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:58
Last Modified: 03 Jan 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16313

Actions (login required)

View Item View Item