Analisis Yuridis Terhadap Putusan Pengadilan Agama Medan Nomor 92/Pdt.G/2009/PA.Mdn Perbandingan Dengan Hukum Kewarisan Somalia

Putri Anandhita, Nurrohmah (2023) Analisis Yuridis Terhadap Putusan Pengadilan Agama Medan Nomor 92/Pdt.G/2009/PA.Mdn Perbandingan Dengan Hukum Kewarisan Somalia. Undergraduate thesis, Universitas KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
PUTRI ANANDHITA NURROHMAH_S20181026.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Putri Anandhita Nurrohmah, 2022: Analisis Yuridis Terhadap Putusan Pengadilan Agama Medan Nomor 92/Pdt.G/2009/PA Mdn Perbandingan Hukum Kewarisan Somalia
Kata Kunci: waris 1:1 Putusan PA Medan No. 92/Pdt.G/2009/PA.Mdn, Somalia
Hukum waris Islam mengatur pembagian harta peninggalan atau warisan terhadap ahli waris dengan pembagian 2:1. Hal tersebut telah tertuang jelas dalam Qs. An-Nisa’ ayat 11 dan KHI Pasal 176. Akan tetapi ketentuan tersebut tidaklah berlaku bagi Putusan PA Medan No. 92/Pdt.G/2009/PA Mdn. Disisi lain, Negara Somalia merupakan salah satu negara yang memiliki hukum kewarisan dengan formulasi 1:1 untuk bagian ahli waris laki-laki dan perempuan.
Peneliti memberikan batasan dalam penelitannya meliputi beberapa rumuan masalahnya, diantaranya: (1) Apa yang menjadikan landasan majelis hakim dalam melahirkan putusan PA Medan No. 92/Pdt.G/2009/PA Mdn?; (2) Bagaimana kedudukan perempuan sebagai ahli waris dalam sistem hukum kewarisan di Negara Somalia dengan formulasi pembagian waris 1:1?. Oleh sebab itu, adapun tujuan penelitian ini, diantaranya: (1) untuk mengetahui serta memahami apa yang menjadikan landasan dalam melahirkan putusan PA Medan No. 92/pdt.g/2009/pa.mdn. (2) untuk mengetahui serta memahami bagaimana kedudukan perempuan selaku ahli waris dalam sistem hukum kewarisan di Negara Somalia dengan formulasi pembagian waris 1:1.
Penelitian yang akan dilaksanakan ini berjenis Penelitian normatif law research dengan menggunakan Pendekatan Kasus, Pendekatan perundang-undangan dan Pendekatan perbandingan. Berdasarkan analisa data yang dilakukan memperoleh kesimpulan bahwa (1) Putusan PA Medan No. 92/Pdt.G/2009/PA.Mdn merupakan salah satu putusan hakim yang berani dan kontoversial. Putusan tersebut mampu melawan scenario hukum yang ada, dengan tidak menitiktentukan pada sebuah undang-undang atau aturan yang ada, melainkan mencipatakan hukum demi mengisi kekosongan hukum demi terlaksananya keadilan yang berdasarkan keTuhanan YME. dalam penetapan Putusan PA Medan No. 92/Pdt.G/2009/PA Mdn hakim memiliki beberapa pertimbangan salah satunya adalah Pembagian warisan dalam QS. An-Nisa’ Ayat 11 ataupun KHI Pasal 176 bukanlah harga mati. (2) Kedudukan dan hak perempuan dalam sistem hukum kewarisan Negara Somalia adalah sama rata dengan laki-laki. Yang artinya, seluruh ahli waris nya mendapatkan kedudukan dan hak yang sama tanpa menitikbedakan terhadap jenis kelamin. Formulasi 1:1 ini tidak dimaknai jika ketentuannya melenceng dari aturan yang tercantum pada Al-Qur’an, tidak juga sebagai wujud penentangan pada hukum Allah, juga tidak dikarenakan keimanan yang tipis. Justru hal tersebut semakin menunjukkan misi universal Islam selaku rahmat bagi seluruh alam, yang memuat nilai persamaan, keadilan dan kesamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Depositing User: Putri Anandhita Nurrohmah
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:19
Last Modified: 03 Jan 2023 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16314

Actions (login required)

View Item View Item