Penerapan Metode Murajaah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur'an Santri Putri Di Asrama Haudul Wildan Bangsalsari Jember

Revi, Revi Septianingrum (2022) Penerapan Metode Murajaah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur'an Santri Putri Di Asrama Haudul Wildan Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVI SEPTIANINGRUM_T20181249.pdf

Download (5MB)

Abstract

Melihat beberapa kejadian mengenai permintaan penghapusan beberapa ayat al-Qur’an oleh orang-orang selain Islam, mereka ingin mengusik kemurnian dari al-Qur’an. Padahal sudah jelas bahwasanya al-Qur’an merupakan kitab yang telah dijamin kesuciannya. Oleh sebab itu, menghafal al-Qur’an saja tidak cukup untuk memelihara kemurnian al-Qur’an, karena tidak berhenti ketika menghafal saja melainkan setelah dihafal harus tetap dipelihara dan dijaga. Maka dari itu perlu dilakukan murajaah hafalan untuk menjaga hafalan al-Qur’an tetap terpelihara dengan baik hingga akhir hayat.
Fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode murajaah dalam menjaga hafalan al-Qur'an santri putri asrama Haudul Wildan Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2022?, 2) Apa faktor prendukung dari penerapan metode murajaah dalam menjaga hafalan al-Qur’an santri putri asrama Haudul Wildan Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2022?, 3) Apa faktor penghambat dan solusi dari penerapan metode murajaah dalam menjaga hafalan al-Qur'an santri putri asrama Haudul Wildan Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2022?.
Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode murajaah dalam menjaga hafalan al-Qur’an santri putri asrama Haudul Wildan Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2022. 2) Untuk mendeskripsikan faktor prendukung dari penerapan metode murajaah dalam menjaga hafalan al-Qur’an santri putri asrama Haudul Wildan Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2022. 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi dari penerapan metode murajaah dalam menjaga hafalan al-Qur’an santri putri asrama Haudul Wildan Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2022.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Murajaah dilaksanakan 5 kali dalam sehari yakni seusai melaksanakan shalat berjamaah 5 waktu. 2) Faktor pendukung yaitu; motivasi, bakat cepat mengingat, mengatur waktu dengan baik. 3) Faktor penghambat yaitu; maksiat dan dosa, malas murajaah, keinginan yang lemah, tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Solusi dari penghambat yang ada yaitu; istiqamah murajaah, manajemen waktu yang baik, tekun dan rajin.
Kata Kunci: Metode Murajaah, Menjaga Hafalan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Revi Septianingrum
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:12
Last Modified: 03 Jan 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16315

Actions (login required)

View Item View Item