Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Pictorial Riddle untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas V di MIN 06 Jember

Ekayanti, Husni (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Pictorial Riddle untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas V di MIN 06 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Husni Ekayanti_T20184025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Membaca merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh semua praktisi pendidikan. Bagi seorang pelajar dengan membaca akan memudahkan untuk mencapai prestasinya. Salah satu faktor yang harus dimiliki seorang pelajar ketika membaca yaitu minat. Dalam meningkatkan minat baca di sebuah lembaga pendidikan tidak terkecuali pada lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah diperlukan banyak hal untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunya dengan cara menggunakan media pembelajaran. Namun dalam proses pembelajaran pasti ada permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan wawancara guru kelas V MIN 06 Jember diperoleh informasi bahwa minat baca peserta didik di kelas V masih rendah, hal ini disebabkan penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas sehingga perlu untuk dikembangkan media pembelajaran berupa Poster.
Rumusan masalah yang diteliti adalah : 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Poster berbasis Pictorial Riddle untuk menumbuhkan minat baca peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN 6 Jember?, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media Poster berbasis Pictorial Riddle untuk menumbuhkan minat baca peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN 6 Jember?, 3) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Poster berbasis Pictorial Riddle terhadap minat baca peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN 6 Jember setelah menggunakan media? Dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kelayakan serta kemenarikan media pembelajaran Poster Berbasis Pictorial Riddle.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu : (1) Analysis;(2) Design;(3) Development;(4) Implementasi;(5) Evaluasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 06 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini adalah poster berbasis pictorial riddle yang didalamnya memuat materi IPA tentang “pernapasan pada hewan”, yang di awali dengan cover dan dilanjut dengan materi pembelajaran. (2) Hasil dari pengembangan produk media pembelajaran poster berbasis pictorial riddle dinyatakan ”sangat layak” digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 100%, ahli media sebesar 96,66% dan oleh guru kelas V B sebesar 91,25%. (3) Hasil uji respon siswa terhadap media pembelajaran poster berbasis pictorial riddle didapatkan nilai persentase sebesar 86,64% dan masuk pada kategori “sangat valid”. Sehingga media pembelajaran poster berbasis pictorial riddle digunakan dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan minat baca.

Kata Kunci : Poster, Pictorial Riddle, Minat Baca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Husni Ekayanti
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:22
Last Modified: 03 Jan 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16316

Actions (login required)

View Item View Item