Pengembangan Media Game Berbentuk Quiz Multiple Choice Berbasis Android Pada Materi Tata Surya Untuk Siswa Kelas VII SMP Plus Darul Hikmah Jenggawah Jember

Windy, Trianingsih (2022) Pengembangan Media Game Berbentuk Quiz Multiple Choice Berbasis Android Pada Materi Tata Surya Untuk Siswa Kelas VII SMP Plus Darul Hikmah Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Windy Trianingsihh_T201710049.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Windy Trianingsih, 2022: Pengembangan Media Game Berbentuk Quiz Multiple Choice Berbasis Android Pada Materi Tata Surya Untuk Siswa Kelas VII SMP Plus Darul Hikmah Jenggawah Jember

Kata Kunci : Media Game, Quiz Multiple Choice, Tata Surya

Pengembangan media game berbentuk quiz multiple choice berbasis android pada materi Tata Surya untuk siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah dibuat berdasarkan kebutuhan sekolah dan karakteristik siswa. Analisis awal menemukan bahwa kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah kurang memadai, selama proses pembelajaran guru mengajar hanya dengan bantuan papan tulis dan menjelaskan dengan metode ceramah, dan proses pembelajaran yang berlangsung kurang efektif sehingga membutuhkan media yang fleksibel untuk meninjau pemahaman siswa.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan validitas media game berbentuk quiz multiple choice berbasis android pada materi Tata Surya; (2) Mendeskripsikan respons siswa terhadap media game berbentuk quiz multiple choice berbasis android pada materi Tata Surya.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penilaian produk untuk validasi media game quiz multiple choice yaitu ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dosen dan guru IPA. Uji respons siswa dalam penelitian ini yaitu 6 siswa dalam uji respons skala kecil dan 30 siswa dalam uji respons skala besar.
Berdasarkan dari hasil penelitian, hasil validasi dari ahli media, ahli materi dan Guru, diperoleh dalam bentuk persentase yaitu: bahwa hasil rata-rata persentase uji validasi ahli materi sebesar 84,66% ahli media sebesar 93,33% dan guru IPA sebesar 96,99% dengan memenuhi kategori sangat valid. Hasil respons uji coba skala kecil diperoleh rata-rata persentase sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid, dilanjutkan uji coba skala besar diperoleh rata-rata persentase sebesar 90,97% dengan kategori sangat valid sehingga pengembangan quiz multiple choice ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029902 Complex Physical Systems
02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Skripsi Trianingsih Windy
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:08
Last Modified: 09 Jan 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16319

Actions (login required)

View Item View Item