Pembinaan kompetensi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Minhajut Thullab Muncar Banyuwangi

Hidayatulloh, M. Risqi (2022) Pembinaan kompetensi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Minhajut Thullab Muncar Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M Risqi Hidayatulloh_T20181493.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Pembinaan, Kompetensi Guru.
Kompetensi guru merupakan komponen yang harus dimiliki setiap guru, tanpa terkecuali guru PAI. Banyak cara bisa dilakukan dalam meningkatkan kompetensi guru salah satunya dengan bimbingan dari kepala madrasah/sekolah. Di MA Minhajut Thullab, kepala MA memiliki caranya sendiri dalam membina kompetensi guru PAI di madrasahnya. Terlebih MA Minhajut Thullab merupakan lembaga pendidikan yang masih dalam tahap merintis.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembinaan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI di MA Minhajut Thullab, 2) Bagaimana pembinaan kompetensi profesional guru mata pelajaran PAI di MA Minhajut Thullab 3) Bagaimana pembinaan kompetensi kepribadian guru mata pelajaran PAI di MA Minhajut Thullab 4) Bagaimana pembinaan kompetensi sosial guru mata pelajaran PAI di MA Minhajut Thullab.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan pembinaan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI di MA Minhajut Thullab, 2) Untuk mendeskripsikan pembinaan kompetensi profesional guru mata pelajaran PAI di MA Minhajut Thullab, 3) Untuk mendeskripsikan pembinaan kompetensi kepribadian guru mata pelajaran PAI di MA Minhajut Thullab 4) Untuk mendeskripsikan pembinaan kompetensi sosial guru mata pelajaran PAI di MA Minhajut Thullab
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data : 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan dua jenis triangulasi : 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Analisis datanya menggunakan model Milles, Huberman, dan Saldana yaitu 1) Kondensasi Data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Pembinaan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI dengan membentuk tim supervisi dengan waka kurikulum, mengadakan pelatihan-pelatihan, bersikap suportif, serta memotivasi guru PAI agar inovatif dan kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. 2) Pembinaan kompetensi profesional guru PAI yaitu dengan mengadakan rapat bulanan dan tahunan, evaluasi serta perencanaan untuk kedepannya, melakukan penilaian kinerja guru, AKTIF mengikuti sosialisasi kurikulum merdeka 3) Pembinaan kompetensi kepribadian guru PAI yaitu dengan cara menjadi suri tauladan yang baik serta menerapkan double aturan madrasah dan pondok di lingkungan MA. 4) Pembinaan kompetensi sosial guru PAI yaitu dengan memberikan kebebasan kepada setiap warga sekolah untuk berinteraksi kepada siapapun dimanapun, namun tetap harus tahu aturan dan sadar akan perannya masing-masing, memberikan contoh langsung bagaimana bersosial dan berkomunikasi yang baik, saling menerima saran dan kritik, mempererat silaturrahmi dengan lembaga lain dengan melakukan kegiatan bersama seperti pondok ramadhan, hari santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Kompetensi Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Risqi Hidayatulloh
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:36
Last Modified: 03 Jan 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16320

Actions (login required)

View Item View Item