Implementasi Program Ekstrakurikuler Taman Pendidikan Al-Qur'an dengan Metode Yanbu'a dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur'an pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kencong

Fatamorgana, Fayakunia Realita (2022) Implementasi Program Ekstrakurikuler Taman Pendidikan Al-Qur'an dengan Metode Yanbu'a dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur'an pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kencong. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NEW SKRIPSI FAYAKUNIA REALITA FATAMORGANA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Program Ekstrakurikuler TPQ, Metode Yanbu’a, Kelancaran Baca Tulis Al-Qur’an
TPQ dilaksanakan sebagai tempat bagi masyarakat muslim untuk belajar mengenai pendidikan Al-Qur’an. Belajar di TPQ sejak dini dimaksudkan agar anak memiliki kemampuan baca tulis Al-Qur’an yang baik dan mengentaskan permasalahan rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada masyarakat Indonesia. Berkembangnya TPQ membuat metode pengajaran Al-Qur’an juga ikut berkembang, salah satunya yaitu metode Yanbu’a. Selain diterapkan oleh TPQ pada umumnya, SMP Negeri 1 Kencong juga menerapkan TPQ sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi seluruh siswa muslim.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan program ekstrakurikuler TPQ dengan metode Yanbu’a pada siswa SMP Negeri 1 Kencong? 2) Bagaimana evaluasi program ekstrakurikuler TPQ dengan metode Yanbu’a dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an pada siswa SMP Negeri 1 Kencong? Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program ekstrakurikuler TPQ dengan metode Yanbu’a pada siswa SMP Negeri 1 Kencong. 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi program ekstrakurikuler TPQ dengan metode Yanbu’a dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an pada siswa SMP Negeri 1 Kencong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian dalam teknik analisis data meggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program ekstrakurikuler TPQ dengan metode Yanbu’a pada siswa SMP Negeri 1 Kencong terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama yaitu pembukaan, ustadz-ustadzah dan siswa melakukan doa bersama serta ustadz-ustadzah melakukan absensi kehadiran siswa. Tahap kedua yaitu inti, diawali dengan kegiatan klasikal berupa ustadz-ustadzah memberikan contoh cara membaca untuk kemudian ditirukan oleh siswa. Kegiatan dilanjut dengan pemberian materi tajwid. Setelah selesai siswa maju ke depan melakukan setoran membaca dan hafalan, dan menulis bagi siswa lain. Tahap ketiga yaitu penutup, ustadz-ustadzah dan siswa bersiap untuk pulang dan melakukan berdoa bersama. 2) Evaluasi program ekstrakurikuler TPQ dengan metode Yanbu’a pada siswa SMP Negeri 1 Kencong yaitu perlu diperbaiki alokasi waktu, kompetensi guru, dan tulisan pada buku jilid. Kemudian, pelaksanaan ekstrakurikuler TPQ menggunkana metode Yanbu’a membuat siswa menjadi lancar dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Hal tersebut ditunjukkan dengan 26 dari 35 siswa mengalami kenaikan jilid dari semester sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Fayakunia Realita Fatamorgana
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:46
Last Modified: 03 Jan 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16335

Actions (login required)

View Item View Item