Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SMA BIMA Ambulu Jember

Rohmah, Siti (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SMA BIMA Ambulu Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS FULL WATERMARK BARU.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah merupakan kemampuan dan wewenang untuk mempengaruhi, menggerakkan dan mengarahkan tindakan serta mendorong timbulnya kemauan yang kuat dengan penuh semangat dan percaya diri pada guru, staff dan siswa dalam melaksanakan tugas masing-masing demi kemajuan dan memberikan inspirasi sekolah dalam mencapai tujuan. Pendidikan sekolah bisa berjalan dengan baik tentunya diperlukan tenaga pengajar yang berkualitas, memiliki loyalitas serta sikap disiplin yang tinggi dan kepemimpinan kepala sekolah yang baik. Kepala sekolah merupakan pemimpin tunggal di sekolah yang mempunyai tanggung jawab dan wewenang untuk mengatur, mengelola dan menyelenggarakan kegiatan sekolah, agar apa yang menjadi tujuan sekolah dapat tercapai.
Fokus penelitian dalam tesis ini yaitu: 1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMA BIMA Ambulu?, 2) Bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMA BIMA Ambulu?.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMA BIMA Ambulu, 2) Mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMA BIMA Ambulu.
Pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipasi, wawancara semi terstuktur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, member check.
Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Kepala SMA BIMA Ambulu Jember sudah menunjukkan gaya kepemimpinan demokratis, dapat dilihat dari kepala sekolah melibatkan semua dewan guru dalam membuat aturan disiplin dan menyepakati dalam menegakkan aturan, memberikan sikap disiplin waktu dan kerja, dan membuat program-program bernuansa Islami, 2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru adalah semua guru beserta staff diwajibkan untuk mengisi absensi/menggunakan Finger print, kepala sekolah melakukan supervisi terhadap kinerja guru dan penerapan Reward bagi guru yang berprestasi dan Punishment bagi guru yang melakukan atau melanggar aturan disiplin yang sudah dibuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Siti Rohmah
Date Deposited: 04 Jan 2023 08:06
Last Modified: 04 Jan 2023 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16340

Actions (login required)

View Item View Item