Zahro, Fina Syahida (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Metafora Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills(HOTS) Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif Psikologis Kelas X Di SMA Nuris Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
Fina Syahida Zahro_T20187066.pdf Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya nilai siswa Indonesia
dalam sains dan matematika ditingkat PISA. Dalam menyelesaikan masalah
matematis, terdapat beberapa kemampuan yang dimiliki siswa salah satunya
kemampuan berpikir metafora. Selain berbedanya kemampuan yang berbeda
terdapat gaya kognitif yang berbeda pula. Gaya kognitif dibedakan menjadi tiga,
yakni (1) Gaya kognitif dilihat dari sudut pandang psikologis meliputi gaya
kognitif FD (field dependent) dan FI (field independent), (2) perbedaan gaya
kognitif berdasarkan konseptual tempo, dan (3) perbedaan gaya kognitif
berdasarkan cara berpikir. Sehingga, peneliti lebih mengambil gaya kognitif
psikologis agar setiap siswa dapat memahami karakter atau ciri-ciri siswa dalam
proses pembelajaran yang menjadi sangat penting untuk diterapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir
metafora siswa SMA kelas X dalam menyelesaikan soal HOTS dengan tipe field
independent. 2) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
berpikir metafora siswa SMA kelas Xdalam menyelesaikan soal HOTS dengan
tipe field dependent.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan di kelas X IPA 2 berjumlah 24
siswa di SMA Nruris Jember. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik
purposive sampling dan dipatkan 6 subjek siswa dengan kemampuan matematika
sedang serta 3 siswa bergaya kognitif field independent dan 3 siswa bergaya
kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan untuk teknik analisis
data menggunakan Miles dan Huberman yaitu data collection, data reduction,
data display, dan verification.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, subjek dengan gaya kognitif
field independent telah mencapai tahap connect, relate, explore, analyze,
transform , dan experience. Meskipun, ada beberapa miskonsepsi yang dikerjakan
oleh salah satu subjek yakni menyelesaikan masalah dengan metafor yang
dibuat. Sedangkan, Siswa dengan gaya kognitif field dependent telah mencapai
tahap connect, relate, explore, dan analyze meskipun langkah yang diambil bukan
dari apa yang telah diajarkan oleh guru melainkan berdasarkan perkiraan atau
model metafor yang dibuat. Namun subjek FD mampu mencapai tahap transform
dan experience. Berdasarkan observasi subjek FD ini dapat terpengaruh oleh
teman satu sama lain denganzhampir menggunakan cara yang samazyakni logika.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Metafora, Higher Order Thinking Skills, Gaya
Kognitif Field Independent dan Field Dependent
Actions (login required)
View Item |