IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-HIDAYAH KEDAYUNAN BANYUWANGI TAHUN 2022 (Studi Komparasi: Model Klasikal, Individual dan Kolaboratif)

Susanti, Nadya Oktavia (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-HIDAYAH KEDAYUNAN BANYUWANGI TAHUN 2022 (Studi Komparasi: Model Klasikal, Individual dan Kolaboratif). Undergraduate thesis, UIN KHAS Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
NADYA OKTAVIA SUSANTI_T20171358.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nadya Oktavia Susanti, 2022: Implementasi Model Pembelajaran Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Kedayunan Banyuwangi Tahun 2022: (Studi Komparasi Model Klasikal, Individual, Kolaboratif).

Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Kedayunan Banyuwangi.

Model pembelajaran adalah prosedur atau pola sistematis yang di gunakan sebagai pedoman dalam mencapai tujuan pembelajaran. Di dalamnya terdapat strategi, teknik, metode bahan, media dan alat. Taman Pendidikan al-Qur’an AlHidayah Kedayunan dalam pembelajaranya menggunakan model klasikal, Individual dan Kolaboratif yang disesuaikan dengan kemampuan anak sehingga mempermudah anak untuk belajar al-Qur’an. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan implementasi model Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Kedayunan Banyuwangi Tahun 2022? 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi model pembelajaran Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Kedayunan Banyuwangi Tahun 2022? 3) Bagaimana evaluasi implementasi model pembelajaran Al-Qur’an Di Taman Pendidikan AlQur’an Al-Hidayah Kedayunan Banyuwangi Tahun 2022?. Tujuan Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan perencanaan implementasi model pembelajaran Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Kedayunan Banyuwangi Tahun 2022. 2) Untuk Mendeskripsikan pelaksanaan implementasi model pembelajaran AlQur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Kedayunan Banyuwangi Tahun 2022. 3) Untuk Mendeskripsikan evaluasi implementasi model pembelajaran Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Kedayunan Banyuwangi Tahun 2022. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman, Langkah yang di ambil sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah pertama perencanaan yang di awali dengan memberikan tes awal kepada anak yang masuk TPQ. Kedua yaitu pelaksanaan dimana dalam pelaksanaan ini menggunakan model klasikal sebagai model pembelajaran utama, model individual sebagai alternative untuk menambah kelancaran membaca santri dan anak mempunyai inisiatif untuk belajar bersama dan saling mengajari antar teman (kolaboratif). Ketiga yaitu evaluasi, dilakukan penilaian hasil pembelajaran siswa secara langsung melalui tes ketika dalam pembelajaran berlangsung untuk menentukan kenaikan halaman dan tes 6 bulan sekali untuk kenaikan jilid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadya Oktavia Susanti
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:38
Last Modified: 03 Jan 2023 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16347

Actions (login required)

View Item View Item