PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VII MTS ANNURIYAH JEMBER TAHUN 2022

Zulfatul, Lia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VII MTS ANNURIYAH JEMBER TAHUN 2022. Masters thesis, UIN Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS LIAZULFATUL WATERMARK.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK

Muhasanah, Lia Zulfatul 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Dikelas VII MTS Annuriyah Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Pembimbing I: Dr. H. Sofyan Hadi, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Nino Indrianto, M.Pd.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Prezi, Mata Pelajaran Fiqih.

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan yang signifikan terhadap dunia pendidikan, perkembangan teknologi mengubah cara orang belajar, sehingga penyiapan media pembelajaran menjadi hal yang penting, penggunaan media pembelajaran ini dalam proses belajar mengajar adalah dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian diera teknologi seperti sekarang ini guru dituntut agar mampu membuat media pembelajaran yang menarik dengan berbantuan aplikasi media pembelajaran, oleh karena itu penulis termotivasi untuk membuat media pembelajaran berbantuan aplikasi media presentasi prezi yang merupakan sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS), program ini menggunakan en:Zooming user interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi dan media interaktif audio visual yang dapat dirancang sesuai dengan tema dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran Prezi dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih bab “Bersuci dari Hadas dan Najis” dikelas VII MTS Annuriyah Jember. (2) Untuk mendeskripsikan efektifitas produk media pembelajaran Prezi pada mata pelajaran Fiqih bab “Bersuci dari Hadas dan Najis” yang layak digunakan di kelas VII MTS Annuriyah Jember.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan model Borg and Gall yang terbagi menjadi 10 langkah yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) melakukan perencanaan (3) pengembangan bentuk permulaan produk (4) pengujian terbatas (5) merevisi hasil ujicoba (6) uji coba lapangan awal (7) revisi produk yang siap dioperasionalkan (8) uji coba lapangan skala besar (9) revisi produk akhir, (10) penyebar luasan dan penerapan. Teknik analisis data menggunakan T test dengan menggunakan statistic SPSS versi 25.
Penelian ini menghasilkan spesifikasi produk media pembelajaran Prezi yang (1) bisa diakses dengan menggunakan link https://prezi.com/view/n2Lxi2JNRhywCpL8GgX2 (2) diberi gambaran KI, KD, Tujuan, dan Indikator, (3) disajikan Skema atau Peta konsep (4) gambar berwarna dan video pembelajaran. Hasil uji efektifitas dari analisis data menggunakan simple paired T test menunjukkan Hasil belajar Pre test 23,3% siswa tuntas dan 76,7% siswa tidak tuntas, kemudian hasil post test 90% siswa tuntas dan 10% siswa tidak tuntas. Hasil analisis uji t diperoleh bahwa t hitung 8,721 sedangkan t tabel 2,045. Sehingga diperoleh t hitung > t tabel (8,721 > 2,045) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran Fiqih menggunakan media pembelajaran Prezi pada bab Suci dari Hadas dan Najis yang dikembangkan oleh peneliti efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lia Zulfatul Muhasanah
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:34
Last Modified: 03 Jan 2023 08:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16348

Actions (login required)

View Item View Item