Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di SMP/MTs

Rahmawati, Anita (2022) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANITA RAHMAWATI_T201810062-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media Video Animasi berbasis Plotagon merupakan salah satu bentuk bahan/prouk bahan ajar yang menciptakan peserta didik belajar mandiri,dengan begitu dapat mengetahui seberapa maksimal penguasaan materi terhadap mata pelajaran yang diajarkan. Pengembangan bahan/produk ini didasarkan pada kurangnya bahan ajar di SMP/MTs dan masih minim dalam penggunaan teknologi informasi. Dengan adanya bahan/produk ini dapat memudahkan siswa sebagai bekal belajar dan lebih mudah dalam memahami materi dengan baik dan praktis.
Tujuan pengembangan yang ingin dicapai oleh peneliti 1) Mengetahui kevalidan media Video Animasi berbasis Plotagon pada materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di kelas VIII SMP PGRI 1 Cluring 2) Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran Video Animasi berbasis Plotagon materi Zat Aditif dan Zat Adiktif.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ASSURE yang terdiri dati enam tahapan yaitu: Analyze Learner, State Objectives, Select method,media and materials),Utilize media and materials, Require learner and Evaluation dimana pada tahap Evaliation tidak dilakukan. Subjek penelitian melibatkan salah satu ahli materi, satu ahli media, satu guru IPA sebagai praktisi dan 23 siswa di SMP PGRI 1 Cluring.
Wujud bahan ajar/produk media video animasi berbasis Plotagon berikut dengan cara penggunaannya telah dideskripsikan didalam penelitian ini, 1) Pada media ini, aspek materi dinilai layak (97,142%), aspek media (93,33%), aspek pengguna guru IPA dinilai layak (92%). 2) Siswa merespon bahwa media ini sangat menarik 90,21% dan sangat membantu dalam meningkatkan pembelajaran IPA pada materi zat aditif dan zat adiktif.
kata kunci: media;video animasi;plotagon;zat aditif dan zat adiktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0307 Theoretical and Computational Chemistry > 030799 Theoretical and Computational Chemistry not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ANITA RAHMAWATI
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:20
Last Modified: 04 Jan 2023 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16351

Actions (login required)

View Item View Item