Peran Guru dalam Literasi Dasar Peserta Didik Kelas V di Madrasah ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Salafiyah Banyuwangi

Pertiwi, Anggun (2022) Peran Guru dalam Literasi Dasar Peserta Didik Kelas V di Madrasah ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Salafiyah Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANGGUN PUTRI PERTIWI_T20184019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anggun Putri Pertiwi, 2022: Peran Guru Dalam Literasi Dasar Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Salafiyah Banyuwangi.
Peran guru sangat penting dalam meningkatkan literasi peserta didik. Untuk mengembangkan kemampuan literasi peserta didik, perlu adanya peran guru untuk meningkatkan peserta didik dalam budaya literasi tersebut. Ada beberapa peran guru dalam gerakan literasi di sekolah yaitu guru sebagai pendidik, guru sebagai teladan, guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator dan kreator, penyediaan sarana dan prasarana, penyediaan reward dan punishment.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru dalam literasi baca dan tulis peserta didik kelas V di MI NU Salafiyah Banyuwangi. (2) Bagaimana peran guru dalam literasi digital peserta didik kelas V di MI NU Salafiyah Banyuwangi. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah mendeskripsikan tentang peran guru dalam literasi baca tulis dan peran guru dalam literasi digital.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis data menurut Miles, Huberman, dan Saldana, sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Peran guru kelas dalam kemampuan literasi baca tulis siswa kelas V MI Salafiyah Banyuwangi adalah guru sebagai teladan yaitu, setiap proses belajar mengajar guru selalu memberikan teknik membaca yang baik dan benar, setelah itu siswa mengikuti apa yang telah diajarkan oleh guru. Dan guru sebagai motivator yaitu guru selalu mengingatkan kepada siswa untuk rajin membaca buku dan menulis, baik di sekolah maupun di rumah, agar kemampuan baca tulis siswa menjadi lebih baik lagi. 2) Peran guru kelas dalam kemampuan literasi digital siswa kelas V MI Salafiyah Banyuwangi adalah Guru sebagai fasilitator yaitu, dalam proses belajar mengajar guru juga memanfaatkan media digital mulai tugas sekolah, membaca cerita digital agar siswa tidak bosan. Disamping itu, setiap 1 minggu sekali siswa diberikan waktu untuk belajar di ruang laboratorium bahasa dan laboratorium computer. Dan guru sebagai creator yaitu, Guru juga memberikan banyak kreasi dan kreativitas dalam literasi digital kepada peserta didik dengan berbentuk cerita digital bergambar, game teka-teki sesuai dengan tema pembelajaran yang ada dikelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190402 Creative Writing (incl. Playwriting)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pertiwi Putri Anggun
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:17
Last Modified: 03 Jan 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16355

Actions (login required)

View Item View Item