Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Kelas V MI Hidayatul Ulum Banyuwangi

Arda, Wahdana (2022) Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Kelas V MI Hidayatul Ulum Banyuwangi. Jurnal uin.

[img] Text
ARDA WAHDANA_T20184073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh metode pembelajaranya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mencari tahu tentang pengaruh metode Buzz Group terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di MI Hidayatul Ulum Banyuwangi.
Rumusan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Metode Buzz Group terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di MI Hidayatul Ulum? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Buzz Group terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di MI Hidayatul Ulum.
Metode penelitian yang digunakan pada bagian pendekatannya menggunakan kuantitatif dan jenis penelitian true eksperimen. Subjek penelitian menggunakan sampel dengan jumlah 23 responden siswa kelas V MI Hidayatul Ulum Wringinrejo sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, pre test, dan post test.
Hasil penelitian ini adalah Siswa Kelas V di MI Hidayatul Ulum Banyuwangi diperoleh gambaran bahwa hasil belajar untuk kelas kontrol terdiri dari sangat kurang baik sebanyak 17 orang (73,9%), kurang baik sebanyak 5 orang (21,7%), dan cukup baik sebanyak 1 orang (4,4%). Sedangkan, hasil belajar untuk kelas eksperimen terdiri dari sangat kurang baik sebanyak 3 orang (13,0%), kurang baik sebanyak 7 orang (30,4%), cukup baik sebanyak 9 orang (39,2%), dan sangat baik sebanyak 4 orang (17,4%). Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan hasil uji beda, antara kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan perbedaan yg signifikan atau nyata. Begitu juga, uji beda pre tes dan post tes juga menunjukkan perbedaan yg signifikan. Deng an demikian, metode buzz mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Arda Wahdana Arda wahdana
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:04
Last Modified: 03 Jan 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16358

Actions (login required)

View Item View Item