METODE MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI BERNYANYI LAGU-LAGU ANAK DI KELOMPOK A (USIA 4-5 TAHUN) TAMAN KANAK-KANAK MELATI SUCI PANTI JEMBER

Lailiyah, Siti Jamilatul (2022) METODE MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI BERNYANYI LAGU-LAGU ANAK DI KELOMPOK A (USIA 4-5 TAHUN) TAMAN KANAK-KANAK MELATI SUCI PANTI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI JAMILATUL LAILIYAH T20185070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Jamilatul Lailiyah, 2022: Metode Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini
Melalui Bernyanyi Lagu-Lagu Anak di Kelompok A (Usia 4-5
Tahun) Taman Kanak-Kanak Melati Suci Panti Jember.
Kata Kunci : Bahasa, Lagu-lagu Anak
Alat komunikasi yang paling handal dalam kehidupan bersama dalam
suatu masyarakat adalah bahasa. Bahasa adalah sebuah sarana untuk
berkomunikasi. Bahasa sebagai alat atau media komunikasi yang digunakan oleh
manusia dalam berinteraksi dengan sesamanya. Berdasarkan dari hasil
pengalaman peneliti observasi di Taman Kanak-Kanak Melati Suci Panti Jember
perkembangan bahasa anak masih belum sesuai harapan guru dan orang tua,
dikarenakan bahasa anak yang masih kurang maka dari itu, diperlukan kegiatan
pembelajaran yang menyenangkan dan membuat riang gembira melalui bernyanyi
lagu-lagu anak untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak.
Fokus masalah yang diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini adalah : 1)
Bagaimana metode bernyanyi melalui lagu anak dalam mengembangkan bahasa
anak usia dini dalam aspek menyimak perkataan orang lain dikelompok A Taman
Kanak-Kanak Melati Suci? 2) Bagaimana metode bernyanyi lagu anak dalam
mengembangkan bahasa anak usia dini aspek berbicara dikelompok A Taman
Kanak-Kanak Melati Suci? 3) Bagaimana metode bernyanyi melalui lagu anak
dalam mengembangkan bahasa anak usia dini aspek mendengar dikelompok A
Taman Kanak-Kanak Melati Suci?
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Mendeskripsikana metode
mengembangkan bahasa anak usia dini melalui bernyanyi lagu anak dalam aspek
menyimak perkataan oranglain dikelompok A Taman Kanak-Kanak Melati Suci.
2) Mendeskripsikan metode mengembangkan bahasa anak usia dini melalui
bernyanyi lagu anak dalam aspek berbicara dikelompok A Taman Kanak-Kanak
Melati Suci. 3) Mendeskripsikan metode mengembangkan bahasa anak usia dini
melalui bernyanyi lagu anak dalam aspek mendengar dikempok A Taman KanakKanak Melati Suci.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis field research atau
biasa disebut dengan penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menggunakan
pembelajaran bernyanyi lagu-lagu anak kemampuan bahasa anak yang meliputi
aspek menyimak, berbicara serta mendengar telah mengalamai peningkatan.
Peningkatannya yakni dari segi pengucapan dan segi penghafalan. Seperti
pengucapan anak yang sudah mulai jelas dan aktif dilihat dari keseharian anak
ketika mengikuti pembelajaran seperti tanya jawab didalam kelas bersama dengan
gurunya dan pada saat pembelajaran menggunakan metode bernyanyi lagu-lagu
anak, anak mampu menirukan serta mengulang lagu-lagu yang telah dinyanyikan
oleh gurunya terlebih dahulu. Jadi hasil yang diperoleh dari metode
mengembangkan bahasa anak melalui bernyanyi lagu-lagu anak yakni anak
mampu mengembangkan bahasa, menambah kata per kata dan anak semakin aktif
dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Siti Jamilatul Lailiyah
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:54
Last Modified: 03 Jan 2023 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16359

Actions (login required)

View Item View Item