Pengembangan Media Poster Digital Menggunakan Aplikasi Canva Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Materi Tata Surya Kelas VII Di SMP/MTs

Nuril Ertinez, Callista Meylani (2022) Pengembangan Media Poster Digital Menggunakan Aplikasi Canva Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Materi Tata Surya Kelas VII Di SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
CALLISTA MEYLANI NURIL ERTINEZ_T201810056.pdf

Download (14MB)

Abstract

Callista Meylani Nuril Ertinez, 2022: Pengembangan Media Poster Digital Menggunakan Aplikasi Canva Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Materi Tata Surya Kelas VII Di SMP/MTs.

Kata Kunci: Poster Digital, Materi Tata Surya, Aplikasi Canva

Berdasarkan temuan di SMP Negeri 6 Jember, yaitu belum tersedianya media pembelajaran untuk materi Tata Surya dan kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran yang menarik. Materi Tata Surya bersifat abstrak dan konseptual sehingga perlu dikembangkan berupa media poster digital ini untuk membantu memvisualisasikan dalam bentuk gambar yang akan memudahkan siswa memahami materi dan bisa digunakan untuk belajar mandiri.

Rumusan masalah pada penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Bagaimanakah Validitas terhadap pengembangan media Poster Digital menggunakan aplikasi canva sebagai suplemen pembelajaran pada materi tata Surya Kelas VII Di SMP/MTs. (2) Bagaimanakah Hasil Uji Respon siswa terhadap pengembangan media Poster Digital menggunakan aplikasi canva sebagai suplemen pembelajaran pada materi tata surya Kelas VII Di SMP/MTs.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Untuk mengetahui validitas terhadap pengembangan media Poster Digital menggunakan aplikasi canva sebagai suplemen pembelajaran pada materi Tata Surya Kelas VII Di SMP/MTs. (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media Poster Digital menggunakan aplikasi canva sebagai suplemen pembelajaran pada materi Tata Surya Kelas VII Di SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (Research and Development). Peneliti menerapkan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu define, design, development, and disseminate. Pengumpulan hasil data yang diperoleh peneliti yaitu menggunakan instrument berupa pedoman wawancara dan lembar angket analisis kebutuhan siswa, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli praktisi (guru), dan angket respons siswa untuk dilaksanakan uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa dan skala besar sebanyak 30 siswa.

Hasil penelitian dan pengembangan yang sudah dilaksanakan memperoleh (1) Presentase nilai validasi ahli materi sebanyak 92%, (2) Presentase nilai validasi ahli media sebanyak 95%, (3) Presentase nilai validasi ahli praktisi (guru) sebanyak 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat validitas Poster Digital yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat valid. Pada uji respons siswa mendapatkan hasil (1) Uji respon skala kecil sebanyak 98% dengan kriteria sangat menarik, (2) Uji respon skala besar sebanyak 91% dengan kriteria sangat menarik, jadi dari segi kemenarikan media Poster Digital menggunakan aplikasi canva sangat menarik untuk digunakan saat proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020104 Galactic Astronomy
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020110 Stellar Astronomy and Planetary Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Callista Meylani Nuril Ertinez
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:04
Last Modified: 03 Jan 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item View Item