azizah, intan nur (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) MATERI DIMENSI TIGA KELAS XII IPA 2 SMAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text
INTAN NUR AZIZAH_T20197030.pdf Download (4MB) |
Abstract
Geometri adalah salah satu materi matematika yang dianggap sukar untuk diselesaikan. Kemampuan spasial sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik terutama dalam menyelesaikan masalah geometri.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan spasial tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal STEM materi dimensi tiga, 2) mendeskripsikan kemampuan spasial tingkat sedang dalam menyelesaikan soal STEM materi dimensi tiga, 3) mendeskripsikan kemampuan spasial tingkat rendah dalam menyelesaikan soal STEM materi dimensi tiga.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data: 1) Tes; 2) Wawancara; 3) Dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini merujuk pada Miles dan Huberman, yaitu: 1) Kondensasi Data; 2) Penyajian data; dan 3) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil tes kemampuan spasial diperoleh subjek dengan tingkat kemampuan spasial tinggi sebanyak , subjek dengan tingkat kemampuan spasial rendah sebanyak , dan subjek dengan tingkat kemampuan spasial tinggi sebanyak . Dari setiap kategori tersebut diambil satu subjek penelitian kemudian diberikan tes kemampuan spasial dengan pendekatan STEM materi dimensi tiga dan wawancara diperoleh kesimpualan yaitu 1) Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan spasial tinggi hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan spasial dengan benar yaitu menyatakan kedudukan antar unsur-unsur suatu bangun ruang dan menginstruksi dan merepresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang; 2) Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan spasial rendah hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan spasial dengan benar yaitu menyatakan kedudukan antar unsur-unsur suatu bangun ruang dan menginstruksi dan merepresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang; 3) Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan spasial rendah hanya mampu hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan spasial dengan tepat yaitu menginstruksi dan merepresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | intan nur azizah |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 08:25 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 08:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16375 |
Actions (login required)
View Item |