Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Mitigasi Bencana untuk Menghadapi Potensi Bencana Tsunami di Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang

Al Farisi, Salman (2022) Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Mitigasi Bencana untuk Menghadapi Potensi Bencana Tsunami di Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SALMAN AL FARISI_D20172010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : Pemberdayaan masyarakat, Mitigasi bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) adalah lembaga pemerintah non-departemen yang melaksanakan tugas penanggulangan bencana di daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dengan berpedoman pada kebijakan yang ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana. BPBD dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2008, menggantikan Satuan Koordinasi Pelaksana Penanganan Bencana (Satkorlak) di tingkat Provinsi dan Satuan Pelaksana Penanganan Bencana (Satlak PB) di tingkat Kabupaten/Kota, yang keduanya dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2005.
Penelitian ini membahas tentang 1). Bagaimana Pemerintah Desa Membangun Kesadaran Mitigasi Bencana untuk Menghadapi Potensi Bencana Tsunami di Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. 2). Bagaimana Keterlibatan Masyarakat melakukan Mitigasi Bencana di Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Tujuan Penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan Bagaimana Pemerintah Desa Membangun Kesadaran Mitigasi Bencana untuk Menghadapi Potensi Bencana Tsunami di Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. 2). Mendeskripsikan Bagaimana Keterlibatan Masyarakat melakukan Mitigasi Bencana di Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pemerintah Desa Selok Anyar dan Badan Penganggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang telah membangun kesadaran mitigasi bencana tsunami di desa Selok Anyar yang tingkat kerentanan tinggi jika terjadi bencana tsunami di daerah tersebut. Melalui program mitigasi bencana tsunami maka menimimalasir adanya korban jiwa, harta, dan benda. 2). keterlibatan masyarakat melakukan mitigasi bencana yaitu pembentukan program Destana yang sesuai, agar dapat menjadikan masyarakat lebih tanggung dan siap siaga untuk menghadapi bencana khususnya tsunami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Man Perpustakaan Salman Al Farisi
Date Deposited: 05 Jan 2023 09:08
Last Modified: 05 Jan 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16379

Actions (login required)

View Item View Item