Rekonstruksi kesadaran beragama bagi pekerja seks komersial melalui pendekatan humanistik di eks Lokalisasi Besini Puger Kabupaten Jember

Hamzah, Mohamad (2022) Rekonstruksi kesadaran beragama bagi pekerja seks komersial melalui pendekatan humanistik di eks Lokalisasi Besini Puger Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOHAMAD HAMZAH_0849319045.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Hamzah, Mohamad 2022. Rekonstruksi Kesadaran Beragama bagi Pekerja Seks Komersial Melalui Pendekatan Humanistik di Eks Lokalisasi Besini Puger Kabupaten Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St Rodliyah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Mursalim, M.Ag.

Kata Kunci: Kesadaran Beragama; Pekerja Seks Komersial; Pendekatan Humanistik

Pekerja seks komersial merupakan wanita yang selama ini banyak dinistakan oleh publik dan dianggap sebagai kotoran sosial. Masyarakat memandang miring akan kehidupan para pekerja seks komersial, karena dalam kehidupan mereka jauh dari kesan keilahian. Tetapi sebagai perempuan mereka juga dikarunia kelembutan hati dan tetap menjalankan fitrah kemanusiaannya. Eks Lokalisasi Besini Puger Kabupaten Jember merupakan tempat terisolir yang merupakan salah satu tempat prostitusi terbesar di Jember. Pada tanggal 1 April 2007, No. 188.45/39/012/2007 keluarlah keputusan Bupati Jember tentang penutupan prostitusi tersebut. Meskipun demikian praktek prostitusi di Eks Lokalisasi Besini Puger masih tersisa.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rekonstruksi kesadaran beragama bagi pekerja seks komersial melalui pendekatan humanistik di eks Lokalisasi Besini Puger Kabupaten Jember. Yang telah difokuskan dalam fokus penelitian, yaitu 1) Bagaimana rekonstruksi kesadaran berakidah bagi pekerja seks komersial melalui pendekatan humanistik di eks Lokalisasi Besini Puger Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana rekonstruksi kesadaran bersyariat bagi pekerja seks komersial melalui pendekatan humanistik di eks Lokalisasi Besini Puger Kabupaten Jember?, 3) Bagaimana rekonstruksi kesadaran berakhlak bagi pekerja seks komersial melalui pendekatan humanistik di eks Lokalisasi Besini Puger Kabupaten Jember?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi pekerja seks, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga sekitar lokalisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasif pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif yang berpedoman pada Miles Huberman dan Johny Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan tekhnik.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa Rekonstruksi kesadaran beragama bagi pekerja seks komersial melalui pendekatan humanistik di eks Lokalisasi Besini Puger mengalami perubahan positif, namun perlu ditingkatkan kembali. Pertama, Kesadaran berakidah ditunjukkan dengan kepercayaan mereka kepada Tuhan, membenarkan adanya Tuhan (Tasdiiqun Bil Qolbi), dan mengetahui rukun iman dan rukun Islam dalam bentuk ucapan (Takriirun Bil Lisaani). Kedua, Kesadaran bersyariat ditunjukkan melalui praktik ibadah seperti shalat, zakat, puasa dan mengaji. Ketiga, Kesadaran berakhlak ditunjukkan mereka tidak lagi mengkonsumsi narkoba atau minuman keras, tidak berjudi, tidak mengganggu tetangga dengan suara berisik karaoke beserta goyangannya, tidak menonton video porno serta senang menolong kepada sesama

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Hamzah
Date Deposited: 04 Jan 2023 08:39
Last Modified: 04 Jan 2023 08:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16385

Actions (login required)

View Item View Item