Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Animaker Pada Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Mosrifa, Choiriya Tri (2022) Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Animaker Pada Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Choiriya Tri Mosrifa_T201810017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan temuan di SMPN 2 Panti, yakni belum tersedianya media
untuk menunjang kegiatan pembelajaran khususnya pada materi pemanasan
global yang membutuhkan tampilan visual dan banyak kegiatan membaca,
sehingga membuat siswa merasa bosan dan sulit untuk memahami materi.
Penelitian dan pengembangan media video animasi berbantuan Animaker
diharapkan dapat menggambarkan materi dan dapat mempermudah siswa dalam
memahami materi pemanasan global.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu, (1) Mendeskripsikan
validitas media video animasi berbantuan Animaker pada materi pemanasan
global untuk siswa kelas VII SMP/MTs. (2) Mendeskripsikan hasil respons siswa
terhadap media video animasi berbantuan Animaker pada materi pemanasan
global kelas VII SMP/MTs.
Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan
(Research and Development), dengan menggunakan model Borg and Gall yang
terdiri dari 10 langkah, akan tetapi penelitian ini dibatasi hingga 7 langkah saja
dikarenakan keterbatasan waktu. Langkah yang dilakukan adalah Research and
Information (Penelitian dan pengumpulan informasi), Planning (Perencanaan),
Develop Preliminary Form of Product (Pengembangan produk awal), Preliminary
Field Testing (Uji coba lapangan awal), Main Product Revision (Revisi hasil uji
coba), Main Field Testing (Uji lapangan produk utama), Operational Product
Revision (Revisi produk). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua dosen UIN
Kiai Haji Achmad Siddiq Jember sebagai validator ahli materi dan ahli media,
satu guru IPA sebagai validator pengguna, serta uji respons yang dilakukan oleh
32 siswa.
Hasil validasi dari ahli media diperoleh persentase sebesar 97,5%,
persentase ahli materi diperoleh sebesar 85%, dan hasil persentase yang diperoleh
dari guru IPA sebesar 89%. Dari ketiga hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata
persentase nilai sebesar 90,5%. Berdasarkan hasil validasi, video animasi
berbantuan Animaker dapat dinyatakan “sangat valid”. Untuk hasil uji coba
lapangan awal dan uji coba lapangan utama yakni 89,2% dan 90,8% yang masuk
pada kategori “sangat menarik”. Dengan demikian media video animasi
berbantuan Animaker yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai media
pembelajaran.
Kata kunci : Media Video Animasi, Animaker, Pemanasan Global.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 04 EARTH SCIENCES > 0401 Atmospheric Sciences > 040199 Atmospheric Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Miss Choiriya Tri Mosrifa
Date Deposited: 04 Jan 2023 01:59
Last Modified: 04 Jan 2023 01:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16398

Actions (login required)

View Item View Item