Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek Siswa di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah Jember

Hasanah, Fi Findatil and Rodliyah, St. (2022) Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek Siswa di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
FI FINDATIL HASANAH_T20181136.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fi Findatil Hasanah, 2022: Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan
Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek Siswa di MTs Syirkah Salafiyah
Jenggawah Jember. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. ST. Rodliyah, M, Pd.
Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek
Siswa MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah Jember mempunyai target yang
harus dicapai yaitu hafalan surat-surat pendek/Juz 30. Hafalan tersebut menjadi
syarat kenaikan kelas dan kelulusan bagi siswa. Pada akhir masa belajarnya siswa
akan diwisuda dua kali sebagai wisudawan kelas 9 dan tahfidz Juz 30. Agar
mencapai target tersebut MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah Jember melakukan
penerapan metode pembiasaan yang mampu memotivasi siswa khususnya dalam
menghafal surat-surat pendek/Juz 30 yaitu penerapan metode pembiasaan klasik
dan modern yang sampai saat ini masih diterapakan sebagai rangsangan siswa
dalam menghafal.
Fokus dan tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
penerapan metode pembiasaan klasik dalam meningkatkan kemampuan
menghafal surat-surat pendek siswa di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah
Jember? yang bertujuan untuk mendeskripsikannya 2) Bagaimana penerapan
metode pembiasaan modern dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-
surat pendek siswa di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah Jember? yang bertujuan
untuk mendeskripsikannya 3) Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan
metode pembiasaan klasik dan modern dalam meningkatkan kemampuan
menghafal surat-suat pendek siswa di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah Jember ?
yang bertujuan untuk mendeskripsikannya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskripstif.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Kemudian teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman,
dan Saldana yaitu kodensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Penerapan metode
pembiasaan klasik dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat
pendek siswa di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah Jember berupa metode talqin
dan talaqqi yang bertujuan untuk merangsang siswa agar hafal dan mengingat
bagi yang telah hafal. 2) Penerapan metode pembiasaan modern dalam
meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa di MTs Syirkah
Salafiyah Jenggawah Jember yakni dengan perantara HP sebagai alat untuk
merekam hasil setoran hafalan dalam bentuk video. 3)Faktor Pendukung :
Keaktifan peserta didik, Peran aktif dari guru, Fasilitas dan metode pembelajaran
yang memadai. Faktor Penghambat : kedisiplinan siswa, kekurangan metode
talqin dan talaqqi yakni membutuhkan waktu yang lebih banyak. Sedangakan
kekurangan metode modern yakni menjadikan siswa yang introvert tidak
berkembang kemudian banyak juga siswa yang curang dalam merekam hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fi Findatil Hasanah
Date Deposited: 04 Jan 2023 08:52
Last Modified: 04 Jan 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16402

Actions (login required)

View Item View Item