Rosyidah, Putri Nur (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART DILENGKAPI QUICK RESPONSE (QR) CODE PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI UMBULSARI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
PUTRI NUR ROSYIDAH_T20188075.pdf Download (13MB) |
Abstract
Virus merupakan materi yang tergolong sulit dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Umbulsari Jember. Hal tersebut terjadi karena virus sulit diilustrasikan dan banyak menyajikan gambar terutama pada proses replikasi virus. Permasalahan terjadi pada proses pembelajaran yaitu kurang efektifnya media pembelajaran yang digunakan. Pemilihan media pembelajaran yang tepat perlu memperhatikan beberapa aspek yaitu, kondisi, karakter peserta didik, keterbatasan, dan tujuan pembelajaran. Penggunaan flipchart dilengkapi QR code sebagai media pembelajaran memiliki keunggulan yakni meningkatkan hasil belajar, kemampuan belajar, memudahkan memperoleh informasi dan membantu memahami konsep materi biologi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran flipchart dilengkapi Quick Response (QR) code pada materi Virus untuk siswa kelas X SMA Negeri Umbulsari Jember. 2) Mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran flipchart dilengkapi Quick Response (QR) Code pada materi virus untuk siswa kelas X SMA Negeri Umbulsari Jember. 3) Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran flipchart dilengkapi Quick Response (QR) Code pada materi Virus untuk siswa kelas X SMA Negeri Umbulsari Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plom (2013) yang meliputi tiga tahapan yaitu Preliminary research, Development or Prototyphing Phase, dan Assesment Phase. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Umbulsari Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket, dan tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 94,7% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata presentase 94,5% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli bahasa memperoleh hasil presentase sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Untuk validasi guru biologi memperoleh nilai presentase sebesar 91.6% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil kepraktisan memperoleh nilai 87,3% masuk kategori sangat positif. 3) Tingkat efektivitas didapatkan dari nilai posttest dari kelas kontrol dan eksperimen menggunakan independent sample t-test. Hasil uji efektivitas memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka media flipchart terbukti efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media flipchart dilengkapi QR code valid, praktis dan efektif digunakan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060506 Virology 10 TECHNOLOGY > 1004 Medical Biotechnology > 100401 Gene and Molecular Therapy 10 TECHNOLOGY > 1004 Medical Biotechnology > 100499 Medical Biotechnology not elsewhere classified 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1107 Immunology > 110706 Immunogenetics (incl. Genetic Immunology) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Putri Nur Rosyidah |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 01:53 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 01:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16403 |
Actions (login required)
View Item |