Pola Interaksi Edukatif Guru Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA V SMA Bima Ambulu Tahun Ajaran 2022/2023

Sugiarto, Renaldhy (2022) Pola Interaksi Edukatif Guru Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA V SMA Bima Ambulu Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Renaldhy Sugiarto - T20181097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Renaldhy Sugiarto, 2022: Pola Interaksi Edukatif Guru Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA V SMA Bima Ambulu Tahun Ajaran 2022/2023

Kata Kunci: Pola Interaksi Edukatif, Hasil Belajar, SMA Bima Ambulu

Interaksi Edukatif ialah suatu hubungan timbal balik (feed back) antara individu yang satu dengan individu yang lainnya yang untuk mengubah tingkah laku dan perbuatan. SMA Bima Ambulu adalah lembaga pendidikan menengah atas dibawah naungan swasta. Lembaga ini juga merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah atas unggulan yang ada di Kecamatan Ambulu.

Fokus penelitian ini adalah: pertama, Bagaimana penerapan pola interaksi edukatif guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas XI MIPA V di SMA Bima Ambulu? Kedua, bagaimana dampak pola interaksi edukatif guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas XI MIPA V di SMA Bima Ambulu? Tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, mendeskripsikan bentuk pola interaksi edukatif guru pendidikan agama Islam dan peserta didik mata pelajaran PAI dan budi pekerti yang berlangsung di kelas XI MIPA V SMA Bima Ambulu. Kedua, mengetahui dampak penerapan pola interaksi edukatif guru PAI dan budi pekerti terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas XI MIPA V SMA Bima Ambulu.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Adapun hasil penelitian ini adalah: pertama, penerapan pola interaksi eduaktif guru pada mata pelajaran PAI dan BP terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA V berjalan sesuai peranannya masing-masing, ketiga pola interaksi edukatif sudah terlaksana sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sudah disusun guru mata pelajaran sebelumnya, dibuktikan dengan terjadinya pola interaksi yang pertama yaitu guru memimpin membaca surat atau hadist pada materi yang akan disampaikan, pola interaksi yang kedua yaitu dibuktikan dengan adanya hubungan timbal balik (feedback) berupa tanya jawab yang dilakukan oleh peserta didik terhadap guru, dan pola ketiga yaitu dibuktikan dengan terjadinya pelaksanaan belajar kelompok di dalam kelas oleh peserta didik. Kedua, dampak penerapan pola interaksi edukatif guru terhadap hasil balajar peserta didik sudah berjalan dengan peranannya masing-masing, Peserta didik merasa proses penyampaian materi oleh guru sangat menarik dan hasil belajar sendiri disini meliputi beberapa aspek penting antara lain aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Renaldhy Sugiarto
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:16
Last Modified: 04 Jan 2023 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16408

Actions (login required)

View Item View Item