Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup Santri di Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso

Mahardika, Angga (2023) Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup Santri di Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso. Masters thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
TESIS ANGGA MAHARDIKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keikutsertaan pendidikan nonformal dalam partisipasi mengentaskan problematika bangsa seperti kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan menjadi pusat perhatian pengambil kebijakan pendidikan di seluruh dunia. Forum pendidikan internasional seperti Word Education Forum memiliki komitmen bersama untuk mewujudkan dan menyediakan layanan pendidikan nonformal. Indonesia, khususnya di Pondok Pesantren melalui pendidikan kewirausahaan dan kecakapan hidup.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan kewirausahaan dalam mengembangkan kecakapan hidup santri di PP. Al-Ishlah Bondowoso dengan fokus penelitian: Bagaimana implementasi pendidikan kewirausahaan dalam mengembangkan kecakapan personal santri, bagaimana implementasi pendidikan kewirausahaan dalam mengembangkan kecakapan sosial santri, dan bagaimana implementasi pendidikan kewirausahaan dalam mengembangkan kecakapan keterampilan santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik penentuan subyek penelitian dengan purposive. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan Langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Kemudian selanjutnya adalah proses pengecekan keabsahan data dengan uji dependability, yaitu kegiatan audit yang dilakukan oleh pembimbing.
Hasil penelitian dalam mengembangkan kecakapan personal santri terdapat dua indikator, yaitu sadar diri sebagai hamba Allah dan sadar diri sebagai pemimpin di muka bumi ini. Untuk mencapai dua indikator diatas maka dilaksanakan berbagai kegiatan pendidikan kewirausahaan berupa pelaksanaan marosim, mewajibkan amalan-amalan sunnah, mengkaji kitab kuning, menjadi pengurus rayon, dan menjadi pengurus SILAH. Adapun dalam mengembangkan kecakapan sosial santri terdapat dua indikator, yakni mampu berkomunikasi dengan baik dan mampu bekerja sama dengan baik. Dalam mencapai indikator tersebut maka dilakukan berbagai kegiatan pendidikan kewirausahaan berupa pelaksanaan progam 5S, komunikasi menggunakan bahasa asing, muhadhoroh, pelaksanaan PORSENI dan Pelaksanaan LP3. Sedangkan dalam mengembangkan kecakapan keterampilan santri terdapat dua indikator, yaitu santri berjiwa kreatif dan produktif. Sehingga dalam mencapai indikator tersebut dilakukan penerapan berbagai kegiatan pendidikan kewirausahaan seperti pelaksanaan drama arena, pelatihan jurnalistik, pesantren singkat pelatihan usaha produktif, dan balai latihan kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Angga Mahardika
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:41
Last Modified: 04 Jan 2023 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16409

Actions (login required)

View Item View Item