Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Teams For Education Untuk Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Ajaran 2021/2022

Nuriya, Aini (2022) Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Teams For Education Untuk Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aini Nuriya Wahyu Putri T20181062.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aini Nuriya Wahyu Putri, 2022: “Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Teams for Education untuk Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Ajaran 2021/2022”

Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Aplikasi Microsoft Teams for Education

Evaluasi pembelajaran adalah kegiatan akhir yang harus dilakukan pendidik untuk mengetahui ketercapaian siswa, agar mengetahui dan bisa memperbaiki kekurangan dari hasil belajar dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap selama satu periode pembelajaran. Pandemic covid-19 memaksa seluruh kegiatan dilakukan secara online, dan dalam pendidikan diadakan pembelajaran online atau daring. Kemudian muncul kegiatan evaluasi pembelajaran yang juga dilakukan secara online, salah satu inovasinya adalah menggunakan aplikasi Microsoft Teams for Education. Aplikasi Microsoft Teams for Education adalah media dalam kegiatan pembelajaran yang dapat terintegrasi dengan baik, sebelumnya sudah mencoba beberapa aplikasi lain namun tidak dapat terintegrasi dengan baik. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar secara online dalam satu wadah, sehingga aplikasi ini sangat menarik karena bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang, efisien, dan efektif. Evaluasi dengan aplikasi ini mempermudah guru dalam perhitungan nilai dan menganalisis kemampuan setiap siswanya.
Focus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Aplikasi Microsoft Teams for Education dalam Aspek Kognitif Kelas X di SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Ajaran 2021/2022? 2) Bagaimana Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Aplikasi Microsoft Teams for Education dalam Aspek Kognitif Kelas X di SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Ajaran 2021/2022?
Pendekatan penelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Aplikasi ini digunakan berlanjut dalam evaluasi pembelajarannya saja, sehingga semua pendidik dan siswa wajib mempunyai account pada aplikasi Microsoft Teams for Education yang sudah dibuatkan oleh staff karyawan. Perencanaannya dimulai dari guru merumuskan kisi-kisi dari dari KD, KI dan Indikator pencapaian yang sudah ada dalam RPP, kemudian guru membuat kartu soal yang berisikan pemilihan butir soal, tes yang digunakan, aspek yang diuji, format dan julmah soal, tingkat kesukaran soal, dan kisi-kisi soal. Pelaksanaan evaluasi dimulai dari siswa masuk dalam account masing-masing dan mengerjakan soal didalamnya, kemudian jawban dan skor akan secara otomatis terekam dan tersimpan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aini Nuriya Wahyu Putri
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:27
Last Modified: 05 Jan 2023 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16440

Actions (login required)

View Item View Item