EFEKTIFITAS PERAN MODIN DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN USIA DINI DI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER

Wildan, Mohammad Ardhi (2022) EFEKTIFITAS PERAN MODIN DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN USIA DINI DI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Ardhi Wildan S20181024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mohammad Ardhi Wildan, 2022: Efektifitas Peran Modin Dalam Mencegah Pernikahan Usia Dini Di Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Kata Kunci: Efektifitas, Peran Modin, Pernikahan Usia Dini.

Pernikahan merupakan ikatan lahir batin yang dilakukan antara seorang pria dengan wanita agar hubungannya menjadi sah sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia. Dalam administrasi pernikahan, Kantor Urusan Agama Kecamatan Puger dibantu oleh seorang modin yang berada di masing-masing desa untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan untuk menikah. Ketika ada calon pengantin yang usianya kurang dari 19 tahun, seorang modin memberikan sebuah penjelasan, arahan, dan wawasan bahwa hal itu termasuk pernikahan dini. Hal itu dilakukan agar masyarakat berfikir ulang untuk menikah pada usia dini. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan oleh peneliti membahas tentang “Efektifitas Peran Modin Dalam Mencegah Pernikahan Usia Dini di Kecamatan Puger Kabupaten Jember.”
Fokus penelitian yang dibahas: 1.) Apa faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat Kecamatan Puger Kabupaten Jember melaksanakan pernikahan usia dini. 2.) Bagaimana efektifitas peran modin dalam mencegah pernikahan usia dini di Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1.) Untuk mengetahui berbagai faktor yang menjadi penyebab masyarakat Kecamatan Puger Kabupaten Jember melaksanakan pernikahan usia dini. 2.) Untuk mengetahui bagaimana efektifitas peran modin dalam mencegah pernikahan usia dini di Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan penelitian sosiologis yang mana melihat bekerjanya hukum dalam masyarakat. Penelitian ini bersifat kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang-orang yang menjadi informan. Selain itu, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperkuat data yang ditemukan dalam penelitian.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1.) Alasan yang menjadi faktor penyebab masyarakat Kecamatan Puger Kabupaten Jember melaksanakan pernikahan dini antara lain keinginan diri sendiri, keinginan orang tua, putusnya
pendidikan, kondisi ekonomi yang rendah, pergaulan bebas yang terjadi di lingkungan sekitar. 2.) Efektifitas peran modin dalam mencegah pernikahan usia dini di Kecamatan Puger Kabupaten Jember belum sepenuhnya terlaksana karena lebih banyak masyarakat yang tetap melangsungkan pernikahan usia dini. Para modin telah memberikan penjelasan, arahan, sekaligus saran kepada calon pengantin agar menunda pernikahannya sampai usianya telah mencukupi. Akan tetapi, semuanya kembali kepada masyarakat atau calon pengantin karena mereka yang akan menjalani pernikahan tersebut. Selain itu, ada jalan dispensasi nikah yang membuat pernikahan dini terus terjadi. Oleh karena itu, upaya pencegahan harus terus dilakukan untuk memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat mengenai pernikahan dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Peran Modin, Pernikahan Usia Dini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012821 Nikah Dini
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Mr Wildan Mohammad Ardhi
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:35
Last Modified: 05 Jan 2023 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16444

Actions (login required)

View Item View Item