Analisis Kepatuhan Pajak Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember

Amalia, Faizah Mufilda (2023) Analisis Kepatuhan Pajak Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faizah Mufilda Amalia NIM E20183067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Negara Indonesia banyak melakukan berbagai pembangunan infrasuktur dan juga berbagai pembangunan fasilitas umum untuk kepentingan masyarakat, saat ini pemerintah mulai fokus pada penerimaan pajak dari sektor swasta dalam upaya peningkatan pertumbuhan penerimaan pajak. Sektor yang dimaksud adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Meskipun UMKM memiliki laba dan omset yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemahaman pajak usaha oleh pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? 2) Bagaimana kepatuhan pajak para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui pemahaman pajak pada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui tingkat kepatuhan pembayaran pajak pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Pemahaman pajak usaha oleh pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menyatakan bahwa pemahaman mengenai perpajakan sudah cukup baik, sesuai dengan pemahaman pajak, ciri-ciri pemahaman pajak mengenai hak atau kewajiban Wajib Pajak, sistem perpajakan di Indonesia, serta pemahahaman fungsi pajak, maupun tingkatan pemahaman pajak usaha. 2) Kepatuhan pajak para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menyatakan bahwa para pelaku UMKM sudah cukup patuh pajak, sesuai dengan faktor-faktor kepatuhan pajak yaitu pemahaman, sistem pengawasan, sosialisasi pajak, sanksi perpajakan, kualitas pelayanan, biaya kepatuhan, dan tingkat pendidikan yang berperan dalam meningkatnya pola pikir pelaku UMKM dimana semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin tinggi pola pikir seseorang, serta sesuai kriteria kepatuhan yang telah ditetapkan oleh KPP Pratama Jember.

Kata Kunci : Pemahaman Pajak, Kepatuhan Pajak, Pajak UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Faizah Mufilda Amalia
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:44
Last Modified: 05 Jan 2023 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16446

Actions (login required)

View Item View Item